oleh

Kalsel Tuan Rumah LDBI Nasional, Gubernur: Buktikan Kita Bisa

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bangga Kalsel terpilih menjadi tuan rumah pada Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Nasional Schools Debating Championship (NSDC) tingkat nasional jenjang SMA tahun 2019.

“Terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah merupakan hal yang luar biasa sekaligus menjadi penghargaan bagi Kalsel,”ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin, usai membuka secara langsung acara bertempat di Gedung Chandra Jalan Belitung Darat Rt.17 Kuin Cerucuk, Banjarmasin. Kamis (15/8/2019).

“Kita meriahkan lagi dan kita gelorakan biar ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi kegiatan-kegiatan kita yang lainnya, bahwa yang paling penting diterapkan ialah bahwa kita mampu menyelenggarakan ini di Kalsel,”ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy menyampaikan, saat ini Indonesia memiliki 4,26 juta siswa SMA, dan mereka merupakan generasi milenial dan generasi yang sangat hebat. “Mulai dari bakat dan minat, olah pikir, olah rasa, olah raga, dan kreativbitas, seperti berpikir kritis, inofatif, kolaboratif, dan komunikatif,”tuturnya.

Lebih Lanjut ia menerangkan, agar sejak dini mempersiapkan anak-anak dan mengembangkan potensi hebat yang mereka miliki demi masa depan.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Drs HM Yusuf Effendi MAP. mengatakan, Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Nasional Schools Debating Championship (NSDC) ini dimaksudkan meningkatkan lagi kompetensi anak-anak sesuai dengan tantangan pembelajaran abad ke XXI, yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan koorporatif.

“Tentunya hal ini untuk memperluas wawasan para peserta didik agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,”tuturnya.

Dikatakan, lomba debat nasional ini berlangsung mulai 14-20 Agustus. Diikuti perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang telah melalui tahapan seleksi di tingkat sekolah, kabupaten, dan provinsi.

Di mana setiap satu tim diikuti 3 orang, berjumlah 102 peserta dengan total jumlah peserta 204. Serta didampingi oleh pendamping dari masing-masing provinsi sebanyak 34 orang.

“Untuk lokasi debat periode satu, dua, dan tiga bertempat di SMA Ukhuwah Banjarmasin. Kemudian di SMA Negeri 2 Banjarmasin utuk periode empat dan lima. Sedangkan grand final dilaksanakan di Hotel Ratan inn Banjarmasin,” jelasnya.(ags)

Komentar

Berita Terkini