oleh

Jalan Rusak di Desa Aniuangan Kembali Dikeluhkan

Perbaikan jalan berupa pengerasan jalan menuju Desa Aniungan dilakukan pada tahun 2019 lalu. Namun belakangan kondisi jalan di desa yang ada pada Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, ini kembali dikeluhkan warga apalagi saat hujan tiba.

BALANGAN,koranbanjar.net – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus menerangkan, sebelumnya memang belum ada perbaikan total untuk jalan itu,

Pengerjaan yang telah dilakukan yakni pengerasan sepanjang 300 meter dengan anggaran di bawah Rp200 juta.

Belakangan, Pemkab Balangan mendapatkan bantuan dana dari pusat. PUPR Kabupaten Balangan telah mengusulkan beberapa jalan kepada pemerintah pusat melalui DAK untuk diaspal.

Tiga ruas jalan yang dimaksud yakni Jalan Liyu menuju Upau, kemudian Desa Juuh menuju Gunung Manau dan Desa Hauwai menuju Aniungan.

“Dari tiga ruas jalan yang kami usulkan, ternyata ada satu disetujui oleh pemerintah pusat yaitu jalan dari Desa Hauwai menuju Desa Aniungan,” ucap Tuhalus, Jumat (13/11/2020).

Peningkatan jalan untuk pengaspalan. Panjangnya sekitar empat kilometer dan nilai pengerjaan mencapai Rp9 miliar.

“Kemungkinan, pelaksanaan akan dimulai pada tahun 2021. Sementara, lelang akan dibuka pada Desember mendatang. Terlebih dana tersebut telah disetujui penggunaannya,” ujar dia.

Terpisah, Kepala Desa Aniungan Gupen menerangkan, kondisi jalan menuju desanya saat ini. Pengerasan jalan yang dilakukan 2019 lalu memang sudah kembali rusak.

Selain itu belum ada pengaspalan untuk memperbaiki jalan lagi, Bahkan ketika jalan kering, pengendara juga harus ekstra hati-hati.

Ia pun berharap pemerintah kembali memperhatikan kondisi jalan yang ada. Sehingga pengendara mudah melintas. Apalagi itu jalur utama menuju Desa Aniungan. (kominfobalangan/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: