oleh

Ibnu Sina Imbau Para Orangtua Awasi Penggunaan Gawai Pada Anak

BANJARMASIN, kotanbanjar.net – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina prihatin ada anak di Kalsel mengalami gangguan kejiwaan akibat kecanduan gawai.

Menurutnya, salah satu tanda-tanda anak kecanduan gawai, sang anak mengalami obesitas.

“Kecanduan gatged berbahaya, karena anak-anak kebayakan hanya duduk saja, badannya tidak bergerak, dan sambil mengemil lagi itu bisa mengakitbatkan obesitas,” ujar Ibnu Sina kepada koranbanjar.net usai membuka Snow Kingdom, di Lapangan Kamboja, Banjarmasin, Sabtu (19/10/2019).

Oleh karena itu, ungkapnya, di sekolah tidak diperbolehkan untuk membawa Hp. Hal ini salah satu upaya para guru dan pihak sekolah untuk mengurangi penggunaan gawai secara berlebihan pada anak.

Ibnu Sina menyinggung, prihal beberapa anak yang dilarikan ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum karena kecanduan gatged.

“Kecanduan gatged ini akan menimbulan stres dan ketidak stabilan mental, ini memang sangat berbahaya sekali,” katanya.

“Saya imbau pada para orangtua untuk memberi pengawasan lebih pada anak-anaknya, agar tidak bermain gatget sepanjang hari, harus ada jam-jam tertentu saja,” ujarnya.

Ibnu Sina menegaskan kepada para orangtua agar tidak gampang untuk memberikan gawai untuk anak-anak.

“Apalagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun harus lebih banyak bergerak dan bermain tanpa gawai jangan ketergantungan,” pungkasnya. (mj-28/dra).

Komentar

Jangan Lewatkan