oleh

Hadapi Arus Mudik, Posko Terpadu Disiapkan di Pelabuhan Penumpang Trisakti

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Menghadapi arus mudik penumpang menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Banjarmasin akan menyediakan posko terpadu yang terdiri dari beberapa unsur instansi terkait.

Posko terpadu ini nantinya akan difokuskan di pelabuhan penumpang Trisakti Banjarmasin dan akan difungsikan untuk penjagaan keamanan serta informasi keberangkatan dan kedatangan kapal.

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager (GM) PT Pelindo III Banjarmasin, Recky Julius dalam wawancaranya kepada wartawan di acara buka puasa bersama yang diadakan PT Pelindo III Banjarmasin di halaman kantor PT Pelindo lll Jalan Barito Hilir Trisakti, Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, Rabu (30/5) kemarin.

“Posko terpadu ini nantinya terdiri dari beberapa unsur-unsur terkait, yaitu dari unsur TNI, AIRUD, KSOP, pihak kesehatan dan para stakeholder pelabuhan. Bagi penumpang dari luar kota Banjarmasin yang tidak mengetahui jadwal keberangkatan kapal biasanya mereka rela menunggu bahkan bermalam di pelabuhan. Oleh sebab itu kita sediakan tempat-tempat santai bagi mereka yang bermalam sambil menunggu informasi jadwal kapal dan kita siapkan juga sarana hiburan agar para penumpang tidak bosan,” bebernya.

Dikatakan Recky, pembentukan posko terpadu ini sebagai realisasi dari hasil pertemuannya dengan Kapolda Kalsel, Rachmat Mulyana.

“Tadi pagi saya di undang oleh Kapolda untuk rapat mengenai pembentukan posko terpadu,” katanya.

Lebih jauh Recky menjelaskan, nantinya akan dibuatkan Surat Perintah dari Kapolda langsung kepada pihak pelabuhan yang mana di dalamnya termasuk unsur-unsur yang terkait.

“Konsep posko terpadu ini nantinya akan kita buat pada tanggal 6 sampai dengan  tanggal 18 bulan ini. Kami hanya mengikuti ketentuan dan perintah dari unsur TNI dan Kementerian Perhubungan berkaitan dengan penjagaan untuk membantu para penumpang dalam hal apa yang menjadi kepentingan penumpang,” kata pria asal Ambon ini.

Terkait jumlah arus penumpang kapal menjelang lebaran Idul Fitri tahun ini, menurut Recky, saat ini arus mudik penumpang mulai meningkat, namun belum signifikan. Kenaikan penumpang baru berjumlah sekitar 3% setiap harinya dan akan berlangsung hingga nanti pada H-7 Idul Fitri. (leo/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: