oleh

Dinkes Kalsel Pastikan Tes Kesehatan Cegah Corona Segera Dilakukan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel memastikan rapid test atau tes kesehatan massal secara cepat mencegah virus corona segera dilakukan di Kalsel.

BANJARMASIN, Koranbanjar.net – Kepala Dinkes Kalsel Muhammad Muslim mengatakan, Kalsel akan mendapat jatah alat rapid test sebanyak 2.400 unit dari Direktorat P2P Kemenkes RI.

“Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi pemerintah untuk membendung laju sebaran pandemi virus corona,” ucap Muslim, Kamis (26/3/2020).

Dia menerangkan, pengiriman alat tes cepat virus corona ke Kalsel saat ini tengah diproses. Nantinya, alat tes itu dibagikan kepada orang yang telah memiliki gejala virus corona, dan orang yang pernah berinteraksi dengan pasien positif virus corona atau covid-19.

Terkait jumlah alat tes yang dikirimkan, Muslim mengakui masih terbatas. “Memang masih terbatas. Jadi bukan berarti adanya rapid test, seluruh penduduk yang tidak ada gejala ikut rapid test,” tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan, pelaksanaan tes cepat kesehatan mencegah virus corona akan dipusatkan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, laboratorium daerah,serta di rumah sakit daerah yang ada di wilayah masing-masing. (ags/dny)

Komentar

Jangan Lewatkan