Baznas

APA ITU DAPIL?

  • Bagikan

Oleh

Dr. Budi Suryadi, S.Sos, MSi

 Apakah dapil atau daerah pemilihan penting bagi seorang calon legislatif? Jawabannya memang tergantung calon legislatif tersebut, seberapa penting dapil bagi dirinya. Apakah dia sudah menganggap dapil menjadi penghambatnya untuk menduduki jabatan politik di lembaga legislatif, atau malahan dapil dianggap biasa saja tidak terlalu penting.

Walaupun umumnya diketahui dulu daerah pemilihan dianggap tidak terlalu penting namun setelah perjalanan politik pemilihan umum sampai sekarang ternyata daerah pemilihan mulai dianggap penting dan bisa jadi salah satu penentu perolehan jabatan politik di lembaga legislatif bagi sebagian orang.

Asumsinya jika daerah pemilihan ini terkumpul jago-jago politiknya maka peluang untuk menjadi terpilih menjadi kecil sebaliknya jika daerah pemilihan ini banyak calon legislatif yang pemula maka peluang terpilih menjadi besar.

Politik pemilihan umum kali ini yang berdasarkan Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 membawa nuasa baru yang berbeda dengan politik pemilihan umum sebelumnya, yaitu khususnya pada daerah pemilihan.

Dulu pada politik pemilihan umum sebelumnya daerah pemilihan dari tingkat pusat, provinsi sampai kota / kabupaten ditentukan langsung dari atas, saat sekarang cukup berbeda dimana daerah pemilihan yang ditentukan dari atas hanya pada daerah pemilihan tingkatpusat dan provinsi saja,sedangkan tingkat Kota/Kabupaten ditentukan oleh KPUD bersama-sama dengan partai politik.

Ini yang menariknya, apakah jika daerah pemilihan ini ditentukan oleh  penyelenggaraan pemilu di daerah (KPUD) dan partai yang ada di daerah maka artinya daerah pemilihan ini menjadi penting bagi calon legislatif.

Namun kiranya yang terpenting pembentukan daerah pemilihan ini menyiratkan adanya tanggung jawab politik dan peningkatan kemampuan calon legislatif. Jadi pembentukan daerah pemilihan ini tidak sekedar seremonial rapat saja tanpa ada landasan filosofis politiknya karena ini kesempatan bagi daerah untuk meningkatkan keterwakilan pemilih.

Daerah pemilihan dibentuk untuk memajukan kehidupan politik daerah menjadi lebih demokratis dan bermartabat demi capaian kesejahteraan masyarakat daerah di masa-masa akan datang.(*)

Penulis adalah Staf Pengajar Fisip Unlam

 

  • Bagikan