oleh

Alasan “Sejengkal” Dengan Ibu Kota Baru, Kantor Syahbandar Bangun Pelabuhan di Kotabaru

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Karena alasan “sejengkal” (berdekatan) dengan Ibu Kota baru Kalimantan Timur, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) berencana akan membangun pelabuhan di Kotabaru.

Penandatangan perjanjian konsensi menandai dimulainya pembangunan tersebut sudah dilakukan antara KSOP Kelas IIl Kotabaru-Batulicin, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan dengan PT Pelabuhan Swangi Indah melalui Direkturnya, Krismarsyaf Tambia di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Diungkapkan Kepala KSOP Kelas II Kotabaru-Batulicin Kapt M Hermawan, diusulkannya pembangunan pelabuhan itu karena lokasinya berdampingan dengan Ibu kota baru.

Kerja sama ini menurutnya dapat memberikan nilai positif pada peningkatan ekonomi sekitar, melalui penyerapan tenaga kerja, serta usaha mikro dan makro.

Dilansir dari Warta Kota, Jum’at (4/10)2019), kata Hermawan, keberadaan pelabuhan katanya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional, mulai dari mikro hingga makro.

“Sehingga pembangunan dirasakan dapat membangun wilayah Kalimantan Selatan ke depannya,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan hadirnya Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Swangi Indah akan menstimulus BUP swasta lainnya, khususnya dari Kalimantan Selatan untuk turut berinvestasi di bidang kepelabuhanan, khususnya di Pelabuhan Kotabaru-Batulicin.

“Terlebih saat ini kita ketahui Provinsi Kalimantan Selatan akan menjadi salah satu wilayah penopang ibu kota baru yakni di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan sejumlah infrastruktur terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan.

Satu di antara infrastruktur yang segera dibangun adalah pelabuhan di Kotabaru, Batulicin, Kalimantan Selatan.(yon)

Komentar

Jangan Lewatkan