Religi  

KH Muhammad Syarif Busthomi: Jangan Lupakan Jasa Guru

MARTAPURA TIMUR,koranbanjar.net – Jangan pernah melupakan jasa para guru.

Demikian pesan penuh makna yang disampaikan KH Muhammad Syarif Busthomi saat memberikan tausiyah pada reuni akbar alumni SMPN 2 Martapura/SMPN 2 Martapura Timur, Sabtu (4/1/2020) tadi.

Guru Syarif Busthomi atau Guru Oton mengingatkan tentang pentingnya peranan seorang guru. Bahwa seorang guru merupakan aktor yang paling dominan dalam keberhasilan seorang murid.

“Jika bukan karena jasa guru-guru kita, kita tak akan bisa seperti ini,” tuturnya di hadapan para Alumni SMPN 2 Martapura dan SMPN 2 Martapura Timur.

Cucu ulama KH Anang Sya’rani Arif ini juga menukil dari perkataan para ulama yang telah ‘washil ila Allah’ – mencapai derajat dekat dengan Allah- yaitu seandainya bukan karena guru yang mendidik, niscaya tak akan mengenal Tuhan.

“Guru ini merupakan manusia yang sangat luar biasa, bahkan Sayyidina Ali pun mengatakan beliau lebih mengutamakan guru ketimbang orangtua,” tuturnya.

Dalam kesempatan reuni akbar di SMPN 2 Martapura Timur ini, Guru Oton berpesan kepada para alumni agar jangan sampai melupakan jasa para guru.

“Melalui acara reuni akbar seperti ini, marilah sama-sama kita menjalin persaudaraan. Terutama kepada seluruh guru yang ada di sini, yang telah berjasa banyak membentuk kita sampai saat ini,” tandasnya. (har/dya)