oleh

28 Komunitas Seni Meriahkan Festival Kayutangi

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Sebanyak 28 komunitas seni dilibatkan untuk memeriahkan Festival Kayutangi memperingati Hari Jadi Ke-69 Provinsi Kalimantan, di halaman eks kantor Gubernur Kalsel, Rabu (14/8/19) sore.

Acara gelaran UPTD Taman Budaya Kalsel ini dimulai dari start di depan halaman Gedung Mahligai Pancasila, kemudian mengelilingi Mesjid Raya Sahbilal Muhtadin. Lalu Finish di Siring Nol Kilometer.

Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel Suharyanti mengatakan, dalam satu grup minimal ada 20 orang dan boleh sebanyak-banyaknya. “Total jumlah personil 500 orang, ditambah dengan drum band 50 orang,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, 28 komunitas seni di Festival Kayutangi ini menampilkan pentas singkat selama dua menit di hadapan dewan juri. “Tahun ini Festival Kayutangi kita perlombakan. Setiap pemenang lomba akan diberi penghargaan dan hadiah,”ujarnya.

Sementara itu, Panitia UPTD Taman Budaya Rudi Karno mengatakan, ini merupakan event tahunan di mana UPTD Taman Budaya biasanya melaksanakan di sekitaran Kayutangi. “Karena ini merupakan rangkaian Hari Jadi Provinsi Kalsel, maka rutenya diganti dengan start di Mahligai Pancasila,”tuturnya.

Ia bergarap event ini bisa menasional hingga internasional karena dalam festval banyak mengangkat kearifan lokal. Disebutkan, tahun 2018 lalu dalam satu grup hanya 10 orang, untuk tahun ini satu grup ada 20 orang. “Jadi pawai budaya tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ucapnya. (ags)

Komentar

Berita Terkini