Baznas

Wisata Kalsel, 2 Tempat Nongkrong Recommended di Kota Marabahan

  • Bagikan
Taman Pematang Bastun di Marabahan, Kalsel. (foto: faqih/koranbanjar.net)
Taman Pematang Bastun di Marabahan, Kalsel. (foto: faqih/koranbanjar.net)

Tiap kabupaten/kota di Kalimantan Selatan mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak terkecuali di Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. Di kota ini terdapat dua tempat yang cukup recommended (direkomendasikan) dikunjungi santai yakni, Pematang Bastun dan Wisata Siring Marabahan.

MARABAHAN, koranbanjar.net – RTH (Ruang Terbuka Hijau) Pematang Bastun Marabahan berada di Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

RTH Pematang Bastun ini persis berada di jantung Kota Marabahan, sehingga orang-orang mudah untuk mengunjungi, baik sekadar untuk duduk santai, berolahraga hingga berswafoto. Suasananya tenang, bersih dan nyaman.

Pematang Bastun yang terletak di seberang Lapangan 5 Desember Marabahan ini selalu dikunjungi masyarakat setempat, ramai pada sore hari dan weekend. Karena di tempat ini juga tersedia fasilitas umum yang lumayan lengkap seperti toilet umum, kursi panjang, kolam dan panggung teater untuk even-even, dengan panggung berkapasitas sekitar 60 orang.

Tak hanya sore hari, Pematang Bastun ini juga sering dikunjungi pada malam, karena suasana diterangi lampu-lampu warna-warni yang indah.

Seorang pengunjung, Erwin (21) ketika dijumpai koranbanjar.net, Sabtu (19/6/2021) mengaku suka nongkrong di tempat tersebut. “Kalo malam biasanya di sini penuhi oleh remaja-remaja yang ingin nongkrong,” katanya.

Wisata Siring Ulek Marabahan

Wisata Siring Ulek Marabahan, Kalsel.
Wisata Siring Ulek Marabahan, Kalsel.

Sementara itu, di Kota Marabahan juga terdapat tempat wisata Siring Ulek Marabahan, di Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, tepatnya di depan rumah dinas Bupati Batola. Lokasinya sangat strategis, karena mudah diakses, baik dari jalan sungai maupun lewat darat.

Di siring Marabahan ini pengunjung bisa melihat berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat di sana, seperti latihan dayung, memancing, joging dan lainnya. Di siring Marabahan ini juga biasanya terdapat penjual berbagai makanan ringan, sehingga pengunjung tidak jauh-jauh membeli makanan.

Walaupun sekarang aktivitas yang dilakukan masyarakat berkurang, karena adanya Covid-19, namun pengunjung tetap selalu ada. Karena Siring Ulek Marabahan sangat mudah dicapai dari sungai maupun darat.

Aris (20), seorang pengunjung menyebutkan, di sini sekarang sudah sangat jarang ada yang melakukan aktivitas umum, kecuali kalau memancing pasti selalu ada. “Kalau malam juga banyak remaja yang nongkrong di sini,” ungkapnya.(mj-39/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *