BNN

Rental Mobil Banjarmasin

  • Bagikan
Rental Mobil Banjarmasin

Rental mobil Banjarmasin merupakan salah satu indikator yang tak bisa diabaikan perannya sebagai penggerak sektor pariwisata di Kota Banjarmasin, bahkan di Kalimantan Selatan secara luas. Selain berdampak terhadap pariwisata di Kalimantan Selatan, rental mobil juga menjadi peluang usaha yang sempat banyak diminati di Banjarmasin. Lantas bagaimana perkembangannya selama pandemi?

BANJARBARU, koranbanjar.net –  Patra selaku pemilik Alif Rental penyedia rental mobil Banjarmasin sekaligus travel dan paket wisata di Banjarmasin mengakui usaha rental mobil di masa pandemi sangat berat dilakoni.

“Seperti usaha lainnya, pandemi juga berimbas kepada usaha rental mobil di Banjarmasin. Tak sedikit pelaku usaha mengalami kebangkrutan atau mencoba usaha lain,” pungkasnya kepada redaksi koranbanjar.net, Minggu, (11/10/2021).

Melayani Wisatawan Mancanegara

Rental Mobil di Banjarmasin

Meski demikian, Patra mengaku masih bisa bertahan karena tidak hanya terpaku sebagai penyedia jasa rental mobil Banjarmasin untuk wisatawan domestik saja. Kemampuannya dalam berbahasa Inggris dan pengalamannya dibidang pariwisata membuatnya dipercaya para tamu dari luar negeri yang datang ke Banjarmasin.

“Sebelum membuka usaha rental mobil di Banjarmasin, saya sudah membuka jasa paket wisata bagi wisatawan luar negeri dan berteman dengan banyak guide. Jadi, ketika para wisatawan domestik sedang sepi, saya tetap mendapat job dari luar negeri,” ujarnya menceritakan.

“Terkadang tujuan mereka berkunjung ke Banjarmasin tak hanya untuk wisata, tapi juga berbisnis. Contohnya beberapa minggu lalu saya mendapat job dari negeri Tiongkok,” imbuhnya mencontohkan.

Dari segi pendapatan, Patra mengaku keuntungan yang didapat lebih banyak ketimbang wisatawan domestik dan itu bisa menutupi kerugian akibat sepinya kunjungan tamu dari luar daerah ke Banjarmasin saat pandemi.

“Kalau hasil, lumayanlah. Ada selisih keuntungan yang bisa menutupi kerugian akibat pandemi,” imbuhnya.

Rental Mobil Banjarmasin Lepas Kunci

Rental Mobil Banjarmasin

Rental mobil Banjarmasin lepas kunci merupakan salah satu layanan yang banyak diminati pengguna jasa rental mobil, khususnya di wilayah lokal. Meski demikian, Patra mengaku belum memberlakukan di Alif Rental. Selain mempertimbangkan resiko, dalam persaingan bisnis rental mobil, Patra memilih memberikan harga spesial kepada pelanggannya.

“Ini soal pilihan. Ada resikonya masing-masing. Sementara ini Alif Rental belum lepas kunci, dan bagi penyewa mobil harus disertai dengan sopir. Agar tetap memberikan kenyamanan, terkadang kami berikan harga spesial, bisa nego namun tetap realistis,” ungkapnya.

“Kalau bersaing di wilayah murah, misal rental mobil Banjarmasin murah, semua pasti bisa melakukannya. Persoalannya rugi atau untung, karena mobil juga butuh perawatan rutin, minimal semua itu bisa teratasi demi menjaga agar mobil di Alif Rental selalu dalam kondisi baik,” ujarnya.

Soal mobil yang disediakan, Alif Rental Mobil di Kota Banjarmasin menyediakan berbagai jenis mobil seperti Avanza, Xenia, Ayla, Ertiga, , Innova, Elf, dan Fortuner.

Travel Banjarmasin – Batulicin

Travel Banjarmasin Batulicin

Jauh sebelum menjalani usaha Rental Mobil, Patra menceritakan layanan Travel jurusan Banjarmasin – Batulicin di Alif Rental sebenarnya meneruskan usaha orangtuanya.

“Jadi dulu orangtua saya punya usaha travel khusus tujuan Banjarmasin ke Batulicin atau sebaliknya. Lambat laun orangtua meminta agar saya meneruskan usaha ini.”

Menurut Patra, perbedaan antara rental mobil dan travel pada jenis layanan. Jika rental mobil adalah melayani sewa mobil dan bersifat privat, sementara travel lebih kepada jasa layanan antar dan umum.

“Orang kalau rental mobil kebutuhannya kepada mobilnya itu sendiri dan penumpangnya bisa privat. Beda dengan travel yang tujuannya mengantar pelanggan seperti dari Banjarmasin ke Batulicin, itu pun penumpangnya bersifat umum,” jelasnya.

Paket Wisata di Banjarmasin

Wisata di Kalimantan Selatan
Destinasi wisata Pantai Gedambaan Kotabaru. (Foto: ist/koranbanjar.net)

Patra berpandangan, banyak tempat wisata di Kalsel yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Setiap kota bahkan kabupaten di Kalimantan Selatan memiliki keunggulan masing-masing. Contohnya seperti:

  • Wisata religi (ziarah)
  • Wisata Budaya
  • Wisata Maritim atau Bahari
  • Wisata Cagar Alam
  • Wisata Konvensi
  • Wisata Pertanian (Agrowisata)
  • dan lain-lain

Semuanya juga ada di Kalimantan Selatan dan tak kalah menarik dengan daerah lain. Alasan itulah Patra kemudian membuka jasa Paket Wisata di Banjarmasin.

“Awalnya saya sempat buka jasa untuk wisata ke luar daerah Kalsel, dari pengalaman itu dan melihat banyak potensi daerah di Kalimantan Selatan ini, saya pikir tak ada salahnya untuk mencoba menawarkannya kepada wisatawan di luar sana,” ujar Patra.

Saat ditanya jumlah kunjungan dari jasa paket wisata yang ia jalankan, pandemi masih menjadi persoalan serius dalam menjalankan usaha dibidang pariwisata.

“Sebelum pandemi, cukup banyak orang-orang menggunakan jasa paket wisata di Banjarmasin yang saya tawarkan, tapi sejak pandemi, mulai berkurang. Ditambah lagi dengan adanya PPKM membuat jasa pariwisata mati suri. Semoga kondisi ini segera pulih dan usaha pariwisata bisa berjalan seperti dulu lagi,” harapnya.

Bagi Anda yang berminat menggunakan jasa Alif Rental, baik itu Rental Mobil Banjarmasin,  Travel Banjarmasin – Batulicin atau Jasa Wisata di Banjarmasin, dapat menghubungi alamat dan nomor whatsapp di bawah ini:

    • Alamat : Komplek Wengga Kuda, Trikoraraya Tahap II. Jl. Kuda Sembrani No.P215, Kota Banjarbaru, Kalsel.
      Instagram: @alif.rent

Hubungi melalui Whatsapp

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − eight =