Sekda Banjar Narasumber Seminar Desentralisasi di Unibraw

  • Bagikan

Seminar desentralisasi menghadirkan dosen pengampu Mukhtar Aboodin, KA Prodi Studi Ilmu Pemerintahan PPHI FISIP UB Dr Dra Alifiulahtin Utaminingsih dan selaku moderator Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UB Ratnaningsih Damayanti.

Hilman di dalam paparan menjelaskan beberapa inovasi desentralisasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Diantaranya Mall Pelayanan Publik, stadion standar  nasional, sanitasi perubahan budaya MCK di sungai.

Pemerintahan dan kearifan lokal (Program berbasis kehidupan religius dan lingkungan hidup), kebersihan Kota Martapura peraih 8 kali piala Adipura.

”Terkait inovasi pemerintahan dan kearifan lokal, Kabupaten Banjar memiliki corak religius menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan daerah,” kata Hilman.

Ini adalah upaya mengutamakan ciri khas masyarakat. Tanpa Desentralisasi pandangan masyarakat yang religius tidak mudah diwujudkan dalam pemerintahan.

Diketerangannya tentang Mall Pelayanan Publik sebagai tempat berlangsungnya pelayanan untuk masyarakat, Sekda Banjar mengatakan saat ini ada 23 instansi dengan 213 layanan berbagai fasilitas.

Semua itu bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam hal mengurus berbagai keperluan dalam satu tempat.

”Saya harap dengan penjelasan diutarakan tadi bisa membantu para mahasiswa untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang inovasi desentralisasi yang dilakukan Pemkab Banjar,” ucapnya.

Sekaligus, sambungnya, ada keinginan dari peserta untuk melakukan kunjungan melalui kajian ilmiah dan penelitian  buat perbaikan inovasi ke depan. (kominfobanjar/dya)

 

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *