SDN Kandihin Akhirnya Direhab, Guru dan Siswa Menyambut Bahagia

SDN Kandihin Akhirnya Direhab, Guru dan Siswa Menyambut Bahagia
Siswa SDN Kandihin, Desa Halunuk, Kecamatan Loksado, HSS semangat mengikuti proses belajar setalah tidak ada lagi kebocoran saat hujan dan kepanasan saat terik matahari. (foto: hidayat/koranbanjar.net)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Aktifkan Suara”]
LOKSADO, koranbanjar.net – Para guru SDN Kandihin, Desa Halunuk, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) lega, siswanya bisa mengikuti ulangan kenaikan kelas dengan lancar tanpa khawatir hujan karena atap bocor.

Sebelumnya, SDN yang berjarak sekitar 19 kilometer dari Kota Kandangan itu mengalami kebocoran pada atapnya, sehingga mengganggu proses belajar mengajar selama lima tahun belakangan ini, dan 2 tahun terakhir yang paling parah.

SDN Kandihin Akhirnya Direhab, Guru dan Siswa Menyambut Bahagia,
SDN Kandihin nampak dari luar setelah direhab oleh Pemkab HSS. (foto: hidayat/koranbanjar.net)

Atap yang bila hujan kehujanan panas kepanasan dikhawatirkan roboh menimpa siswa, kini sudah berganti dengan yang baru lengkap dengan plafonnya. Lantai yang dulunya sering digenangi air hujan kini sudah disemen ulang meskipun belum dipasang ubin.

Hujan mengguyur wilayah Desa Halunuk Kecamatan Loksado dan sekitarnya saat hari ketiga ulangan kenaikan kelas di SDN Kandihin, siswa bisa menjawab soal dengan gembira, Rabu (19/6/2019) pagi.

Pelaksana harian (Plh) Kepala SDN Kandihin, mengatakan proses renovasi dilakukan selama sebulan saat Ramadan lalu. Saat masuk sekolah usai lebaran sudah menikmati kelas yang sudah direnovasi.

SDN Kandirih Desa Halunuk, Kecamatan Loksado
Para siswa SDN Kandihin saat mau memulai kegiatan belajar. (foto: hidayat/koranbanjar.net)

Kendati sudah direnovasi 4 kelas yang mengalami kerusakan parah, ia juga akan kembali mengusulkan dua kelas sisanya meskipun belum ada kerusakan berarti dan masih layak. Hal itu karena memang sudah tua dan dikhawatirkan beberapa tahun mendatang akan mengalami kerusakan.

Guru Kelas 6 SDN Kandihin Muhammad Yusuf mewakili guru-guru dan masyarakat sekitar mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak terkait khususnya Dinas Pendidikan serta kepala daerah Bupati Hulu Sungai Selatan yang telah merehab bangunan SDN Kandihin.

“Tahun kemarin sudah kami usulkan, Alhamdulillah dari Dinas Pendidikan khususnya Bupati mengapresiasi permohonan kami ini dan sudah rehab total atap dan lantai yang rusak,” ucap guru yang juga warga Dusun Kandihin.

Ia bersyukur saat ini sekolahnya sudah bagus sehingga siswa lebih bergairah dalam belajar dan kegiatan belajar dapat berjalan lancar dalam cuaca apapun. (yat/dra)

Baca berita sebelumnya: MIRIS! Akibat Atap Bocor Bertahun-tahun, Kondisi SDN Kandihin Memprihatinkan

Baca berita sebelumnya: Kadisdik HSS Pastikan Perbaikan SDN Kandihin Tahun ini

Tonton videonya di bawah ini:

BeritaTerkait