MTQ Nasional Kalsel

Masyarakat Mantewe Menyambut Baik Rencana Agroforestry

MANTEWE, KORANBANJAR.NET – Masyarakat Desa Mantewe khususnya Dusun Batu Harang, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, menyambut baik rencana kegiatan Agroforestry yang akan dilaksanakan di areal yang sudah ditentukan, yaitu di lahan yang dikuasai atau digarap oleh warga setempat bernama Tenrianka dan Hudari.

Hal tersebut dipastikan pada saat kunjungan kerja yang dilaksanakan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan ke Dusun Batu Harang, Desa Mantewe, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (26/06) dalam rangka koordinasi lanjutan terhadap rencana pelaksanaan Agroforestry.

Masyarakat menyetujui dan sangat mendukung kegiatan Agroforestry yang akan dilaksanakan nantinya. Saat ini, masyarakat sudah melakukan pembukaan lahan seluas 2 Ha untuk mendukung kegiatan tersebut.

Kadishut Prov Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP mengatakan akan terus mendukung program perhutanan sosial masyarakat sekitar hutan.

“Nanti dijadwalkan pada minggu pertama bulan juli 2018 akan diadakan kembali pertemuan lanjutan dalam bentuk FGD (Focus Group Disucussion) untuk pembentukan Kelompok Tani Hutan sebagai pelaksana kegiatan Agroforestry dengan melibatkan masyarakat di sekitar hutan,” ujarnya.

Kadishut menambahkan dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan dalam kegiatan tersebut, diharapkan turut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan khususnya.(hmsdishutkalsel/ana)