Korem 101/Antasari Bentuk Komcad Matra Darat 2024 Untuk Memperbesar Kekuatan TNI

Korem 101/Antasari bentuk Komcad Matra Darat 2024, Selasa (21/5/2024). (Foto: Korem 101/Antasari)

Untuk Memperbesar dan menambah kekuatan TNI, Korem 101/Antasari membentuk Komponen Cadangan (Komcad) yang diberi nama Matra Darat 2024 .

BANJARMASIN, koranbanjar.netKasrem 101/Antasari Kolonel Inf Hari Santoso di sela menghadiri sosialisasi pembentukan Komcad Matra Darat 2024 oleh Kolonel Kav Fery Firmansyah beserta tim Aula Makorem 101/Antasari menjelaskan, dibentuknya Komcad Matra Darat 2024 bertujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI.

“Sebagai komponen utama, dalam upaya penyelenggaraan pertahanan negara,” ujar Kasrem, Selasa (21/5/2024).

Hal ini tiada lain lanjutnya demi menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan Presiden.

“Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan generasi penerus yang lebih berkarakter dan berwawasan kebangsaan yang tinggi,” ucapnya.

Sehingga apapun profesi yang dijalani saat ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi bangsa dan negara.

Menurutnya potensi yang baik dari semua profesi ini dapat tersalurkan dengan maksimal untuk mengikuti pelatihan Komcad sebagai bentuk nyata wujud bela negara.

RRekrutmen ini tambahnya bersifat terbuka atau siapa saja boleh mendaftar untuk mengikuti seleksi, asalkan memenuhi syarat. Rencana pembentukan Komcad Matra Darat Tahun 2024 di wilayah Kodam VI/Mulawarman sebanyak 1.000 orang.

Ribuan peserta ini dibagi menjadi 2 gelombang perekrutan dan untuk gelombang pertama direkrut sebanyak 500 orang. Pelaksanaan rekrutmen akan dilaksanakan di Rindam VI/Mulawarman Banjarmasin.

Bagi yang lulus seleksi sambungnya nantinya akan dilanjutkan mengikuti pendidikan sebagai bekal anggota Komcad setelah selesai mengikuti pendidikan akan mendapatkan beberapa keuntungan.

“Seperti ilmu dasar-dasar militer dan juga akan memiliki ketrampilan dalam ketahanan pangan,” jelasnya.

Turut dihadiri oleh Kasiter Kasrem 101/Antasari, Kadis Pendidikan Provinsi Kalsel, Kakesbangpol Provinsi Kalsel, Kasatpol PP Provinsi Kalsel, para Kadis Pendidikan Kab/Kota Se-Kalsel, para Rektor, Dekan, dan Dosen, serta Danmenwa Kalsel.

(yon/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *