Baznas

Haul Guru Sekumpul di Sungai Lulut Siapkan 1.500 Nasi Bungkus

  • Bagikan

Meski Haul Akbar ke 16 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul ditiadakan di Komplek Ar Raudhah Sekumpul Martapura, namun warga Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk tetap melaksanakan di Musala At Thaubah, tepatnya di Jl Martapura Lama Km 6,300, Rabu, (24/02/2021) mulai pukul 20.30 wita. Panitia pelaksana telah menyiapkan 1.500 nasi bungkus untuk menjamu jamaah yang berhadir pada Haul ke 16 Guru Sekumpul tersebut.

SUNGAI LULUT, koranbanjar.net – Haul Akbar ke 16 Guru Sukumpul pada tahun ini telah ditiadakan. Akan tetapi banyak masyarakat di Kabupaten Banjar yang tetap melaksanakan Haul Guru Sekumpul di beberapa tempat, salah satunya dilaksanakan masyarakat Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk,

Kegiatan haul dipusatkan di ruang induk Musala At Thaubah, Sungai Lulut. Jamaah yang hadir sangat banyak, bahkan tidak hanya dihadiri warga setempat, melainkan juga dihadiri jamaah yang datang dari Kota Banjarmasin.

Relawan haul dari Sungai Lulut, Ahmad Nawawi kepada koranbanjar.net menjelaskan, acara yang dimulai sesudah salat isya itu dihadiri masyarakat yang datang dari arah Martapura dan Banjarmasin. Jumlah jamaah yang sangat banyak sempat menimbulkan kemacetan jalan. Namun tidak sedikit pula relawan yang turun ke jalan membantu arus lalu lintas, sehingga macet dapat diatasi.

HAUL GURU SEKUMPUL – Jamaah memadati ruang Musala At Tahubah Sungai Lulut, Kabupaten Banjar. (foto:nayan/koranbanjar.net)

Hal senada juga disampaikan warga Jl. Veteran Kota Banjarmasin, Tabrani. Dia berangkat dari rumah sebelum isya untuk menghadiri acara haul tersebut, sekaligus ingin mendengarkan tausiah yang disampaikan KH. M. Zhofaruddin. “Saya mendengar kabar acara ini dari kawan,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota panitia pelaksana, M Nasir menjelaskan kepada koranbanjar.net, Haul Guru Sekumpul ini terlaksana murni hasil swadaya masyarakat setempat. “Biasanya kami para jamaah membuka posko makan gratis setiap Haul Akbar Abah Guru Sekumpul, karena tahun ini ditiadakan, maka kami bersama jamaah yang lain melaksanakan di musala At Thaubah,” ungkap dia.

Nasir juga bersyukur, panitia bisa mendatangkan KH.M. Zhofaruddin atau Guru Udin dari Samarinda untuk memberikan tausiah. “Terima kasih kepada jamaah yang dari siang membantu, terutama menyiapkan makanan untuk jamaah yang  hadir. Kami menyiapkan makanan 1.500 bungkus,” tutupnya. (mj-32/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *