oleh

Haornas 2019, Kalsel Dipilih Jadi Tuan Rumah Karena Paman Birin

BANJARMASIN, koranbanjar.net Menjelang puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 2019 di Banjarmasin, Kalsel yang digelar Minggu (9/9/2019), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Pemprov Kalsel, menggelar Gebyar Haornas di Duta Mall Banjarmasin, Jumat (6/9/2019).

Ajang Pameran Gebyar Haornas 2019 ini dimulai dari 6 hingga 9 September, diikuti 18 stan dari Kemenpora dan Pemprov Kalsel.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan, mengapa Kalimantan Selatan dipilih menjadi tuan rumah Haornas 2019, karena menurutnya Gubernur Kalsel sendiri adalah seorang atlet karateka sekaligus pembina terbaik.

Baca: Sambut Haornas, 58 ASN Sandang Majelis Sabuk Hitam

“Pak Menpora selalu ditanya mengapa Kalsel dipilih tuan rumah Haornas, salah satunya karena gubernurnya atlet,” tuturnya usai Gebyar Haornas.

Lebih lanjut ia menerangkan, dalam rangkaian Haornas 2019 di Kalsel akan dilakukan pemecahan rekor muri atraksi olahraga karate sebanyak 5 ribu karateka, di mana Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan memimpin langsung atraksi tersebut.

“Maka alasan utamanya pastinya ialah Pemerintah Provinsi Kalsel sangat peduli dengan olahraga, jadi pak Menpora yakin Kalsel mampu menjadi tuan rumah yang menyukseskan Haornas 2019,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, banyak keuntungan diperoleh Kalsel menjadi tuan rumah pada ajang nasional ini, tidak hanya peningkatan di bidang olahraga, tapi juga ajang promosi di bidang pariwisata.

Baca: Haornas 2019, Paman Birin: Pencak Silat Bagian Dari Warisan Indonesia

“Kalsel memiliki keindahan alam yang indah, salah satunya objek wisata Raja Lima. Jadi sambil berolahraga juga berwisata. Di sini tidak hanya ada wisata siring sungai Banjarmasin, pasar terapung, tapi ada juga wisata alam pegunungan,” terangnya.

Gubernur Kalsel akrab disapa Paman Birin menuturkan, berterima kasih atas kepercayaan Kemenpora kepada Pemprov Kalsel untuk menggelar acara puncak Haornas 2019.

“Itu suatu kepercayaan dan tanggung jawab bagi Pemprov Kalsel untuk menggelar pelaksanaan Haornas tahun ini,” ungkap Paman Birin.

Paman Birin menegaskan, Haornas adalah momentum kita untuk bergerak, juga momentum kebangkitan prestasi olahraga kita. “Jangan lupa, kita adalah bangsa pemenang,”pungkasnya.

Pada acara Gebyar Haornas tadi, juga ditampilkan olahraga tradisional Kalsel seperti Balogo, Bagasing, dan Enggrang. (ags/dra)

Baca: Puncak Haornas 2019 Bakal Digelar Di Atas Tongkang

Baca berita Haornas Kalsel lainnya di SINI

Komentar

Berita Terkini