Cara Basmi Nyamuk di Rumah dengan Bahan Alami, Mudah dan Murah!

Ilustrasi nyamuk (Freepik/jcomp)
Ilustrasi nyamuk (Freepik/jcomp)

Keberadaan nyamuk di rumah sering kali dianggap sangat mengganggu. Itulah mengapa banyak orang mencari cara membasmi nyamuk paling ampuh sekaligus aman. Lalu, adalah cara basmi nyamuk yang menggunakan bahan alami?

Koranbanjar.net – Pada umumnya, nyamuk yang sering menggigit manusia adalah nyamuk betina. Hal ini dilakukan oleh nyamuk betina demi mendapatkan protein dan juga zat besi yang terkandung di dalam darah untuk memproduksi telurnya.

Nyamuk memang bisa menjadi masalah yang besar bagi banyak pemilik rumah. Hama kecil yang satu ini tidak hanya mengganggu, tetapi gigitannya memang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari gatal, ruam, hingga penyakit demam berdarah.

Melansir laman Hunker, nyamuk membutuhkan air yang tergenang untuk berkembang biak. Semakin banyak sumber air tergenang, maka akan semakin banyak pula nyamuk yang ada di sekitar rumahmu. Salah satu sumber air tergenang di rumah yang biasa menjadi tempat nyamuk berkembang biak adalah kolam air di halaman.

Cara Basmi Nyamuk di Kolam

Beruntungnya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk basmi nyamuk dari kolam air, seperti berikut ini:

1. Kayu manis

Kayu manis akan membunuh semua jentik nyamuk dalam waktu 24 jam. Sedangkan konsentrasi 15% kayu manis akan membunuh larva dalam waktu lebih dekat dengan enam jam.

Selain itu, nyamuk dewasa juga tidak akan mendarat atau bertelur di air yang mengandung kayu manis. Untuk mengaplikasikannya, taburkan kayu manis ke dalam kolam lalu aduk hingga merata.

2. Cuka

Nyamuk yang ada di kolam air mancur juga bisa dihilangkan dengan menambahkan cuka ke air kolam sekitar 15%. Larutan cuka ini akan membunuh semua jentik nyamuk sekitar 18-20 jam dan membunuh telur nyamuk.

3. Asam sitrat

Tuang asam sitrat ke dalam air kolam sampai asam membentuk sekitar 15% dari total volume air. Asam sitrat ini dapat mengusir nyamuk dewasa dan membunuh larva dalam waktu 42-45 jam.

4. Pemutih

Tambahkan pemutih rumah tangga biasa ke dalam air setiap minggu untuk membunuh telur dan larva nyamuk. Larutan pemutih 15% akan membunuh semua larva dan telur nyamuk dalam waktu 6 jam.

Penting untuk diingat, kamu hanya boleh menambahkan pemutih pada kolam yang tidak memiliki ikan serta tanaman, ya.

Itulah tadi beberapa cara basmi nyamuk di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Singkirkan pula wadah atau tempat yang bisa menampung genangan air agar nyamuk tidak bisa berkembang biak. (suara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *