oleh

Bupati Banjar Imbau Orangtua Siswa, Anaknya Ikut “BUNGAS”

MARTAPURA, koranbanjar.net – Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengimbau kepada orangtua siswa yang tidak bisa mengantar anaknya ke sekolah, agar anaknya ikut bergabung dengan Bus Angkutan Sekolah (BUNGAS).

Ini diungkapkan Bupati Banjar saat melaunching BUNGAS di SMP Negeri 3 Martapura, Komplek Sa’adah, Sungai Paring, Martapura, Rabu (31/7/2019). BUNGAS merupakan inovasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman dan selamat bagi siswa.

“Kepada orangtua siswa yang tidak bisa mengantar anaknya ke sekolah agar anaknya ikut bergabung dengan Bungas, dan kepada Komite Sekolah agar dapat membantu memfasilitasi dalam sosialisasi monitoring maupun evaluasi sebagaimana mestinya,” tutur Bupati Banjar.

Baca: Dishub Banjar Launching Bus Angkutan Sekolah

Bupati menjelaskan, inovasi BUNGAS untuk mewujudkan implementasi Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) jalan yang dilaksanakan melalui 5 pilar dan melalui 5 instansi terkait, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum, Polri, dan Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, dengan memberikan pelayanan BUNGAS, diharapkan aspek keselamatan dapat meningkat, sehingga dapat mewujudkan Zero Accident (nol kecelakaan).

Baca: Kadishub Banjar: Naik BUNGAS Pilihan Tepat, Ini Alasannya

“Angka kecelakaan tertinggi salah satu penyebabnya adalah anak sekolah yang masih di bawah umur mengendarai motor,” ucap bupati yang kerap disapa Guru Khalil ini.

Inovasi Bungas juga mendukung Go Green meminimalisir polusi udara, mengurangangi kemacetan, mempertahankan predikat nasional kabupaten layak anak, serta tetap mempertahankan Penghargaan Nasional Wahana Nugraha (WTN).

“Agar pengoprasian Bungas dapat berjalan dengan lancar. Kepada Dishub Bersama Satlantas Polres Banjar agar penegakan hukum bagi anak-anak yang dibawah umur untuk tidak menggunakan kendraan bermotor roda dua,” tegas Khalilurrahman

Bupati menambahkan, besar harapan ke depannya ada kerjasama dengan perusahaan daerah maupun swasta di Kabupaten Banjar untuk membantu program melalui dana CSR. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: