Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Webinar Literasi Digital Kabupaten Kotabaru; Lawan Balik Perudungan Digital di Era 4.0

  • Bagikan
Webinar Literasi Digital Kotabaru
Webinar Literasi Digital Kotabaru

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar dengan tema “Lawan Balik Perudungan Digital di Era 4.0” di Kabupaten Kotabaru, Senin (8/11/2021) pukul 10.00 Wita.

KOTABARU, Koranbanjar.net – Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan B Sc ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Ronald Andretti yang menghadirkan narasumber Narasumber pertama yakni, Iflahah Zuhriyaten dengan materi tentang “Peran Orang Tua dalam Memberikan Ajaran tentang Keamanan Internet untuk Anak”.

“Hampir 80 persen penggunaan internet di ponsel digunakan untuk sosial media,” tutujrnya

“Orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak, karena orang tualah yang pertama kali melakukan kegiatan pendidikan untuk memberikan pengaruh positif maupun negatif, bahkan semenjak dalam kandungan,” jelasnya

Ia juga menambahkan, “Penyakit orang tua saat ini adalah terlalu memanjakan anak dan mengikuti apa yang diinginkan oleh anak,”.

Tips agar anak tidak kecanduan internet, yakni buat aturan batasan waktu, berdiskusi dengan anak, bawa anak bermain keluar rumah, dan mengajak anak melakukan hal positif.

Narasumber kedua, M Aliansyah yang membahas materi tentang “Bijak Beretika di Internet”

Bagaimana menggunakan internet dengan bijak?

Aliansyah menyampaikan ada beberapa cara menggunakan internet dengan bijak, yakni;

1. Jadilah diri sendiri

2. Hindari capslock

3. Jangan menyebarkan hoax

4. Saring sebelum sharing

5. Hindari banyak komentar

6. Jangan lekas percaya

Narasumber ketiga yaitu Mohammad Faishal yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Pilah Pilih Informasi di Ruang Digital”

“Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang telah di proses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya,” jelasnya

“Jenis-jenis informasi, yaitu ada informasi faktual informasi ilmiah, dan informasi berdasarkan kegunaan,” pungkasnya

Adapun tips menghindari berita hoax, yakni cek judul berita, cek alamat situs, cek keaslian berita, dan cek keaslian foto.

Terakhir, narasumber Siti Safwati Putri Mawardi yang meyampaikan materi tentang “Promosi Budaya Indonesia Melalui Media Digital”

“Di sosial media kita dapat membuat konten mengenai budaya Indonesia agar dapat mengedukasi masyarakat dengan memberi pengetahuan yang benar tentang budaya Indonesia,” tuturnya

“Tantangan paling umum dalam mempromosikan busaya Indonesia, yakni mendapatkan stereotype dari teman-teman, takut jelek dan salah, bingung mencari ide konten, dan tidak percaya diri,” pungkasnya. (lala)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *