Baznas

Webinar Literasi Digital Balangan; Menggunakan Internet yang Aman dan Nyaman

  • Bagikan
Literasi Digital Kabupaten Balangan.
Literasi Digital Kabupaten Balangan.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) mensosialisasikan penggunaan internet secara nyaman dan aman. Program yang dimaksud adalah pembelajaran “Berinternet Dengan Aman Dan Nyaman Bersama” dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

BALANGAN, koranbanjar.net – Berinternet menjadi salah satu kecanggihan teknologi jaman sekarang. Pada dasarnya semua yang kita inginkan ada di intenet. Namun kita juga harus bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sampai salah dalam penggunaan.

Bahkan bekerja saja kita bisa melalui internet, belanja bisa melalui online. Namun seiring berjalannya waktu banyak dampak negatif dan positif dalam berinternet, maka kita juga harus bijak dalam bersosial media.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggelar webinar Berinternet Dengan Aman Dan Nyaman, Kota Balangan, Rabu (28/7/2021), di moderator oleh Amal Bastian.

BACA:  Webinar Literasi Digital Banjar; Sebelum Ingin Dihargai, Hargai Dulu Orang Lain  

Tampil sebagai narasumber pertama Ahmed Tessario Ekanuramanta. ST, MMT, CEO Sirtanio dan CEO PT. Satu Atp Indonesia membuka bahasan digital Tren Bisnis di era digital.

“Di era serba canggih dan digital ini tentu saja banyak peluang pekerjaan yang banyak dicari perusahaan dan kantor-kantor dan sangat menjanjikan untuk saleri, walau pekerjaannya terdengar mudah, namun harus memiliki basic dan kreatif,  salah satunya  digital marketing. Digital marketing tersebut merupakan pekerjaan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang menjangkau konsumen,” katanya.

Literasi Digital Balangan, Kalsel.
Literasi Digital Balangan, Kalsel.

Lalu, lanjutnya, ada data analis. Data analis sangat berguna di masa depan kenapa dianggap penting, karena mereka bisa membuat data dan mengumpulkan data dengan tujuan mengumpulkan informasi yang berguna. Kemudian designer, nah desaigner sendiri susah-susah gampang karena dia merancang sesuatu  dengan memasukan unsur seni.

BACA:  Dear Warga, Disarankan Tak Cetak Sertifikat Vaksin, Ini Alasannya

Kemudian programmer. Programmer harus memiliki skill IT, bahkan bisa saja jika orang ingin bersungguh-sungguh belajar maka ia akan belajar secara otodidak, dan programmer banyak dicari para perusahaan.

“Terakhir, Trader dan Investment Specialist adalah orang atau badan di bidang keuangan seperti saham, obligasi, komoditas,” jelas Ahmed Tessario.

Narasumber kedua Suriadi, CEO Saraba dan Founder Sanggamku membahas tentang Paperless Transaction.

“Secara harfiah paperless transaction adalah sebuah bentuk pencatatan nilai transaksi tanpa menggunakan kertas. Nah kenapa sih kita harus menuju paperless transaction, gunanya adalah agar meminimalisir penggunaan bahan kertas untuk pencatatan nilai transaksi sehingga mengurangi sampah kertas yang memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar, kemudian menghemat biaya administrasi dan data transaksi serta data perusahaan,” jelasnya.

BACA:  Eks Napi Koruptor Jadi Pejabat BUMN, Indonesia Makin Mundur
Literasi Digital Balangan, Kalsel.
Literasi Digital Balangan, Kalsel.

“Data yang dioleh bersifat jangka panjang dan dapat diakses di kemudian hari, dan peduli lingkungan serta peduli sesama. Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk paperless transaction? Yaitu perangkat teknologi, tenaga professional programmer, bekerjsama dengan pihak ketiga” ujar Suriadi.

Pembahasan ketiga menghadirkan Natayya Laksita Melati, Host dan Beauty Enthusiast membahas Tips Belanja Online Secara Aman.

“Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media internet, seorang pembeli bisa melihat terlebih dulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan penjual. Mengapa sih belanja online sangat digemari? Alasan pertama yaitu praktis, dapat membandingkan produk dengan mudah, lebih murah, kesempatan memperoleh banyak promo, begitu banyak pilihan pembayaran, dan keamanan,” tutupnya.(mj-36/sir)

 

 

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *