Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Webinar Listerasi Digital Banjarmasin, Berliterasi Yang Baik Di Era Generasi Alpha

  • Bagikan

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “ Memahami Batasan-Batasan dalam Dunia Digital “ Berliterasi Yang Baik Di Era Generasi Alpha “ di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Sabtu (03/07/2021) pagi.

BANJARMASIN, Koranbanjar.net – Tiba-tiba dapat link broadcast, jangan langsung sebar alias share namun harus cek fakta dulu. Inilah salah satu pesan dalam webinar yang dipandu Ronald Andretti.

Narasumber pertama Linda Widiachristy, seorang arsitek dan peneliti kota, berkomunikasi dan berinteraksi di ruang digital. Dulu bisa bertemu langsung dengan tatap muka, namun sekarang pakai media seperti zoom. Dikatakannya, saat ini semua orang, aktif menyampaikan pendapat di berbagai platform, twitter, facebook, instagram dan lain-lain.

Perlu dicatat, interaksi, pertama cara kita berpendapat. “Pendapat, itu artinya fikiran. Buah dari fikiran atau kesimpulan, nah, kita harus memfilter dulu sebelum berpendapat, di platform digital kita yang harus memfilter sebelum tulis atau berpendapat,” ujarnya.

Setiap orang punya hak berpendapat sebebasnya, cuma harus ingat punya kewajiban menghargai orang lain. “Makanya ada batasan seperti undang-undang atau norma sosial kemasyarakatan,” katanya.

Di Indonesia saat ini, hanya 10 persen yang membuat informasi. Sisanya lebih banyak yang menyebarkan. “Itu budaya kita di Indonesia, hampir semua umur dan golongan lebih banyak yang hanya menyebarkan,” katanya.

Budaya kritik, harus konstruktif, tidak menyerang personal, dibingkai dengan baik, tidak menyerang personal, apalagi dengan bahasa caci maki. Yang perlu diingat, ada orang di belakang layar itu, ada orang yang bisa tersakiti.

Nara sumber lainnya Dr Harja Santana Purba MKom, koordinator program studi pendidikan komputer FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Menurutnya, memulai dari apa itu generasi alpha? Genarasi alpha 2010-an, generasi alpha itu adalah generasi yang familiar dengan teknologi. Lahir ketika teknologi sudah mulai mapan.

Itulah kenapa penting mengenali saat mengajar di kelas, ketika menghadapi generasi alpha (2010-an), generasi Y (generasi milineal 1981-1994), generasi Z (1995-2010).

Yang perlu dikuasai secara dasar atau basic online apps, diantaranya email, browser, dan SE (search engine). “Minimal itu yang harus dikuasai oleh para guru,” katanya.

Aprilia Putri, news anchor iNews TV dan MNC News Channel mengatakan, harus menangkal hoax, cek sumber berita atau informasinya dari mana.

“Kalau kita bukan ahlinya tiba-tiba dapat broadcast, jangan sampai gemes atau gatal menyebarkannya,” kata Aprilia Putri. Membanding informasi dari media atau website lain.(and)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *