Waspada Banjir, BPBD Tanbu Terjunkan Personil Terus Pantau Debit Air

oleh -154 views
Salah satu sungai di Tanbu, terlihat debit air masih cukup aman.(Pengirim Foto: Agus Hasanudin)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu (Tanbu) menerjunkan sejumlah personil untuk memantau situasi debit air setempat mengenai kewaspadaan terhadap banjir.

TANAH BUMBU, koranbanjar.net – Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Tanbu, Abdul Rahim mengungkapkan, hasil pemantauan debit air di salah satu wilayah, yakni Desa Tapus Kecamatan Kusan Hulu, terlihat masih dalam kondisi aman.

“Informasi dari BMKG untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu intensitas hujan tiga hari kedepan hanya hujan ringan saja,” ungkapnya belum lama ini.

Kendati demikian, ia tetap mengimbau kepada seluruh Camat agar mewaspadai bencana banjir di wilayah Tanbu tersebut.

“Kami mengimbau kepada seluruh camat ada di Tanah Bumbu untuk terus memantau wilayahnya masing masing agar lebih waspada terhadap bencana banjir,” jelasnya.

Ia menjelaskan, imbauan itu perlu lebih ditekankan kepada Kecamatan yang berada di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Kusan, Mentewe, Karang Bintang, Kusan Hilir dan Satui, sebab Kecamatan berada langsung di wilayah daerah aliran sungai yang bisa dengan mudah memantau debit ketinggian air.

Sekedar diketahui, sebelumnya jalan di wilayah desa Tapus Kecamatan Kusan Hulu sempat tergenang air, namun saat ini akses jalan yang tergenang air sudah kembali normal dan bisa dilewati.

Dikatakannya, personil BPBD terus tetap berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk memantau kondisi seluruh wilayah Kecamatan yang rawan akan banjir serta berada diwilayah daerah aliran sungai setempat.(ags/maf)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan