MTQ Nasional Kalsel

Warga Alami Musibah Kebakaran, Baznas Banjar Langsung Lakukan Ini ..

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Terkait masalah warga yang tertimpa musibah kebakaran, Kamis (15/3) lalu, yang menghanguskan rumah warga di Jl Cempaka Gang  Flamboyan RT 05 RW 02, Desa Jawa Laut, Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, kini mendapatkan santunan dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Banjar.

Bantuan langsung diserahkan Bupati Banjar H. Khalilurrahman kepada 2 warga yang tertimpa musibah kebakaran pada apel gabungan, Senin (19/3) tadi di halaman Kantor Bupati.

Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian Baznas Kabupaten Banjar, Gusti Rahmadi Syafri menyatakan kepada wartawan koranbanjar.net, Senin (19/03), sesuai data yang diterima ada dua KK yang menjadi korban kebakaran tersebut.

“Kita berikan bantuan berupa uang tunai kepada korban kebakaran yang kondisinya rusak ringan atas nama Rusnawati sebesar Rp750.000 dan yang rusak berat atas nama H. Rusli sebesar Rp3.000.000,” ujarnya.

Mekanisme sumbangan pihak Baznas langsung turun ke lapangan untuk mendata langsung berapa jumlah KK yang menjadi korban kebakran tersebut.

“Ini kita lakukan supaya bantuan tersebut tepat sasaran, untuk jumlah uang bantuan yang diberikan tersbut sudah cukup dan semoga bisa digunakan dengan sebaik mungkin,” ucapnya.

Rahmadi pun menerangkan, Baznas Kabupaten Banjar setiap enam bulan selalu menyampaikan laporan kepada pemberi zakat infak dan sedekah.

“Untuk pengawasan ada audit akutansi dan audit Kemenag, setiap tahun laporan tersebut akan kami sampaikan kepada semua SKPD yang menyerahkan infaq tersebut, karena dana terbesar yang kami terima selama ini dari infaq SKPD,” tuturnya.

Rusnawati dan H Rusli yang menjadi korban kebakaran merasa senang dan terbantu atas bantuan yang telah diberikan instansi terkait, meskipun sebelumnya mereka pernah mendapat bantuan dari seorang dermawan yang bersedia menyumbang bahan-bahan material dan berupa uang.

Rusli mengatakan, sebelumnya dia mendapatkan bantuan dari pihak lain. “Ada pang orang dermawan yang membatu, berupa uang dan bahan material, di antaranya memberi kayu-kayu, kalsiboard sebanyak 20 lembar.(zdn)