Baznas

Wabup HSS Rapat Kerja Nasional Bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani

  • Bagikan
Wabup HSS mengikuti rakernas bersama Menteri Keuangan secara virtual, Selasa (14/9/2021). (Sumber Foto: Kominfo HSS/koranbanjar.net)

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad SAP MA mengikuti rakernas atau rapat kerja nasional bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual, Selasa (14/9/2021).

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Wabup Syamsuri didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda HSS Drs Sasmi Rifani MAP, Kepala Inspekturat HSS Ir Rusmajaya MT, mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021.

Turut hadir Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Mahyuni ST MM, serta Kepala Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Eko Harjidi Putra SSTP.

Tema Rakernas ialah Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi, virtual melalui video teleconference di Ruang Media Center Setda  HSS.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 ini, disampaikan keynote speech oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, SE MSc PhD yang memberikan apresiasi kepada pihak telah melakukan sinergi kuat dalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel, dan transparan.

BACA:  Usulan Raperda Dana Cadangan Pilkada HSS 2024 Diterima Legislatif

Disampaikan pula Undang undang Nomor 2 Tahun 2020 menjadi landasan legal dan juga administrasi tata kelola bagi kita semuanya.

Pemerintah pusat dan daerah untuk menangani pandemi covid 19 dengan dampaknya yang luar biasa, terutama menggunakan instrumen yaitu keuangan negara untuk melindungi masyarakat kita dari ancaman covid19 serta melindungi masyarakat kita dari ancaman krisis sosial ekonomi dan keuangan.

Dalam kesempatan ini juga, diucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan-pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

“Saya yakin menghadapi situasi yang luar biasa tidak mudah, bagaimana kita semuanya masing-masing harus mengelola misi dan tujuan dari kementerian, lembaga dan pemerintah daerah,” kata Sri Mulyani.

BACA:  Gelorakan Deklarasi Anti Narkoba dan Desa Bersinar di Hulu Sungai Selatan

Namun, tambah dia, saat sama dihadapkan dengan ancaman pandemi yang dampaknya luar biasa dan harus mengelola keuangan negara yaitu APBN.

Acara kemudian dilanjutkan dengan launching Buku Mengawal Akuntabilitas Penanganan COVID 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020 oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Setelah itu dilakukan pemberian penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih Opini WTP 15 kali berturut-turut, 10 kali berturut-turut dan 5 kali berturut-turut.

Adapun Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk salah satu Kabupaten yang menerima penghargaan peraih WTP 5 kali berturut-turut.

Saat diwawancarai, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengiyakan, hari ini mengikuti rapat kerja nasional akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021 secara virtual.

BACA:  Kewafatan Datu Kelampayan Terjadi di Musim Kemarau yang Diguyur Hujan

“Tadi juga diluncurkan buku tentang bagaimana pengelolaan oleh kementerian keuangan, termasuk disampaikan beberapa lembaga, termasuk pemerintah daerah yang memperoleh WTP berturut-turut, termasuk Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan minimal 5 kali berturut-turut”,ungkap Wabup.

Tentu, Syamsuri Arsyad, ini adalah sesuatu yang tidak pernah merasa kita lengah, tidak merasa puas, kita terus berupaya sebaik-baiknya.

“Banyak catatan-catatan yang harus terus kita perbaiki pengelolaan keuangan kita kedepan dan tentu kita berharap dengan kegiatan virtual hari ini memberikan semangat dan informasi kepada kita untuk mengelola lebih baik lagi kedepan,” tambahnya. (kominfohulusungaiselatan/dya)

(Visited 24 times, 3 visits today)
  • Bagikan
(Visited 24 times, 3 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *