Unjuk Rasa Pro-Palestina di Washington, Setop Bantuan ke Israel

Warga AS melakukan aksi unjuk rasa di Monumen Lincoln di Washington DC, Sabtu, 29 Mei 2021. (Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP)
Warga AS melakukan aksi unjuk rasa di Monumen Lincoln di Washington DC, Sabtu, 29 Mei 2021. (Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP)

Sebanyak 1.000 pengunjuk rasa melakukan aksi demonstrasi pada Sabtu (29/5) di Washington, Amerika Serikat. Mereka memintah Pemerintah AS agar menghentikan bantuan untuk Israel.

Demonstrasi di tangga Monumen Lincoln itu diadakan sementara gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran sengit 11 hari antara Israel dan kelompok Islamis, Hamas, di Jalur Gaza sejauh ini bertahan.

“Kami ingin mengirim pesan jelas kepada pemerintah AS bahwa hari-hari mendukung negara Israel tanpa konsekuensi, sudah selesai,” kata Sharif Silmi, pengacara berusia 39 tahun yang berdiri di tengah massa. Banyak di antara demonstran mengibarkan bendera Palestina berwarna merah, putih, hijau dan hitam.

“Kami akan menentang setiap politisi yang terus menerus mendanai senjata ke Israel. Kami akan menentang mereka, kami tidak akan memilih mereka, kami akan mendanai saingan mereka, hingga mereka ke luar dari jabatan,” kata Silmi.

Silmi mengatakan kini semakin ada banyak oposisi luas di AS mengenai bagaimana Israel memperlakukan warga Palestina, yang mirip dengan apartheid di Afrika Selatan.(voa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *