Kab Banjar

UNBK Di Kabupaten Banjar Berjalan Lancar

MARTAPURA,Koranbanjar.netSecara serentak Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilaksanakan pada Senin, 02/04 UNTUK  tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Salah satunya adalah SMKN 1 Martapura yang ada di jalan pendidikan, sekumpul Martapura Kabupaten Banjar.

Semua siswa peserta UNBK hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan, yakni pukul 08:00 wita  tak ada satupun yang tidak hadir termasuk siswa berkebutuhan khusus.

Peserta UNBK yang berkebutuhan khusus di sekolah ini ada 5 orang siswa, yakni tunarungu 2 siswa, autis 1 siswa, dan downsindrome 2 siswa.

Meskipun berkebutuhan khusus, mereka tetap melaksanakan ujian berbaur dengan siswa reguler lainnya.

Pasalnya, di sekolah ini sudah diterapkan sistem pendidikan inklusi yang pembelajarannya secara bersama-sama, terkecuali untuk soal listening dalam ujian Bahasa Inggris pada hari Rabu nanti akan diganti dengan materi reading.

BACA JUGA  Nenek Penderita Tumor Payudara ini Berobat, Bukannya Sembuh Didapat tapi Semakin Parah

Pelaksanaan UNBK hari pertama tingkat sekolah menengah kejuruan berdasarkan pantauan Jurnaliskoranbanjar.net  seperti di SMKN 1 Martapura dan SMK Darusslam Martapura, berjalan dengan lancar.

Koordinator UNBK SMKN 1 Martapura, Sa’adah mengatakan bahwa untuk pelaksanaan UNBK ini dilaksanakan selama 4 hari, yang dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya.

“Untuk pelaksanaan UNBK pada tahun ini Insya Allah diharapkan tidak ada kendala, agar pelaksanaan berjalan dengan lancar. Yang menjadi kendala biasanya pada pelaksanaan UNBK adalah peralatan seperti komputer, listrik dan jaringan,” ujarnya.

Di SMKN 1 Martapura sendiri, ruangan yang dipakai untuk pelaksanaan UNBK sebanyak 8 ruangan, dengan total peserta sebanyak 606 siswa yang dibagi dalam 3 sesi setiap harinya.

Sementara untuk antisipasi akan terjadinya permasalahan tekhnis  terkait permasalahan listrik, pihak sekolah telah melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan Telkomsel.

BACA JUGA  Lumbung Ternak Kabupaten Banjar Dimasuki Upsus Siwab

“Adapun untuk jaringan internet yang digunakan untuk ujian ini, pihak Telkomsel sudah mengecek jaringan yang digunakan pada UNBK selama 4 hari ini. Sampai saat ini belum ada kendala yang dihadapi, baik itu masalah listrik ataupun jaringan. Komputer yang digunakan sebanyak 202 unit dengan 5 cadangan, jadi jumlah komputer 207 unit,” ungkapnya.

Selain itu di tempat lain,  SMK Darussalam Martapura, jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 183 orang siswa dengan jumlah komputer sebanyak 75 unit.

Sodrajat selaku Sekretaris UNBK SMK Darussalam mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar, hanya saja ada perubahan jadwal masuk untuk hari pertama.

“Awalnya pada jadwal itu jam masuk adalah jam 08.00 WITA, ada perubahan jadi jam 07.30 WITA. Perubahan jadwalnya pun itu baru kemarin diberitahu melalui WA. Tidak ada kendala mengenai ujiannya, tetapi anak-anak yang mengikuti UNBK terlambat,” keluhnya.

BACA JUGA  Langka, Pisang ‘Malintang’ Betongkol Lima

Pelaksanaan UNBK tingkat SMK ini akan digelar hingga Kamis nanti, dalam setiap harinya akan digelar menjadi 3 sesi yang dimulai dari pukul 07.30 WITA, sesi kedua pukul 10.30 WITA dan sesi terakhir pukul 14.00 WITA dengan setiap sesinya berdurasi 2 jam. (sai)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close