TV Analog Segera Dimatikan, Warga Banjarmasin Utara Dapatkan 500 STB Secara Gratis

Warga Kelurahan Sungai Jingah antri menunggu giliran mendapatkan STB di Kantor Kelurahan Sungai Jingah Banjarmasin, Selasa (11/10/2022). (Foto: koranbanjar.net)
Warga Kelurahan Sungai Jingah antri menunggu giliran mendapatkan STB di Kantor Kelurahan Sungai Jingah Banjarmasin, Selasa (11/10/2022). (Foto: koranbanjar.net)

Tanggal 2 November 2022, TV Analog akan dimatikan, Warga Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin mendapatkan sebanyak 500 Set Top Box (STB) secara gratis.

BANJARMASIN, koranbanjar.net Pembagian STB secara cuma-cuma ini dimotori salah satu lembaga penyiaran tv, yakni Metro TV.

Koordinator Metro TV wilayah Banjarmasin, Wahyudi dalam wawancaranya kepada media ini, Selasa (11/10/2022) di Kantor Kelurahan Sungai Jingah, menyampaikan dari 500 unit STB tersebut dibagikan untuk empat wilayah.

“Wilayah Sungai Andai, Sungai Jingah, Sungai Miai, dan Surgi Mufti,” ujarnya.

Kemudìan lanjutnya, setiap wilayah tidak sama jumlah STB yang diberikan.

“Kelurahan Sungai Jingah mendapatkan 89 unit, dan wilayah lainnya ada yang mendapatkan 100 unit lebih,” sebutnya.

Lebih lanjut kata Wahyudi, pembagian STB secara gratis bukan tidak ada kriteria, namun hanya diberikan kepada warga golongan PKH.

Ini pun sambung Wahyudi pihaknya hanya melaksanakan pembagian STB secara gratis berdasarkan data dari Kominfo RI.

Namun tidak semua golongan PKH mendapatkan STB, dikatakan Wahyudi masih ada warga PKH lainnya yang belum mendapatkan STB.

“Jika Kominfo memberikan data ke kami, maka kami jadwalkan kembali, sementara hanya 500 unit ini dulu diberikan,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPID Kalimantan Selatan, Azhari Fadli mengungkapkan, KPID Kalsel kapasitasnya hanya sebagai monitoring saja.

“Kami berharap kepada kawan-kawan lembaga penyiaran yang bertanggung jawab dalam pembagian STB ini segera untuk merealisasikannya,” ucap Azhari.

Agar hal itu sambungnya, dapat memenuhi pencapain tanggal 2 November yakni migrasi siaran tv analog menuju tv digital.

Dirinya mengakui sejauh ini lembaga penyiaran tv di Kalsel membagikan STB hanya di beberapa titik saja.

Adapun Metro TV selain di Banjarmasin, sebelumnya juga sudah memberikan STB beberapa wilayah di hulu sungai.

“Selain itu ada Trans TV, TVRI dan lainnya,” sebut Azhari.

Namun demikian dirinya tetap optimis, pada 2 November target akan tercapai, walau dalam pelaksanaannya selama ini hanya beberapa persen.

“Mudah-mudahan infrastruktur menuju tv digital ini bisa terlaksana,” harapnya.

Karena menurutnya, ini sudah dicamkan oleh undang-undang, bahwa dua tahun setelah ditetapkan, harus bisa dilaksanakan ASO akhir tahun ini. (yon/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *