oleh

Tumpukan Sampah Di A Yani Km 9,2 Dikeluhkan Masyarakat

KERTAK HANYAR, koranbanjar.net – Banyaknya tumpukan sampah yang berada di lingkungan pinggir Jalan Ahmad Yani Km9,2 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, terus menjadi keluhan masyarakat dan pengguna jalan. Kenyataannya, sampah itu sangat sering diambil dan dibawa ke TPS, tetapi tak lama ada tumpukan sampah baru lagi.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Pertamanan dan limbah (PSPL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar H Sahdiman mengakui, pihaknya memang sangat sering melakukan pengelolaan sampah di Kertak Hanyar hingga menggunakan dana pribadi untuk memberi makan anak buah bekerja mengangkut dan membersihkannya.

Sampah selalu terangkut. Namun tetap saja banyak yang bandel membuang sampah bukan pada jadwal semestinya. Akibatnya, tumpukan sampah selalu ada, tidak lama setelah dibersihkan.

“Tempat di sana (pinggir Jl A Yani Km9,2 Kertak Hanyar) sendiri merupakan tanah kosong yang sering dipakai pengendara roda dua membuang sembarang, apalagi mobil yang mengangkut sampah pasar terdekat juga ikut membuang ke tempat sana sehingga menambah banyak tumpukan sampah,” katanya.

Menurut Sahdiman, penanganan sampah di tempat itu sebetulnya bukan tanggung jawab DLH Kabupaten Banjar tapi instansi lain. Tumpukan sampah terjadi semenjak pasar terdekat tidak ada truk kontainer. “Masalah itu sudah dipikirkan kedepannya dengan meanggarkan dana buat membeli tanah seluas 10×20 untuk menjadi tempat TPS sekitar Manarap dan Gambut Barat, antara 3 miliar dan 2 miliar rupiah yang kami anggarkan ke pemerintah daerah,” ujarnya. (mj-22/dya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini