Tujuh SMP di Martapura Memiliki Fasilitas Pojok Keluarga

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Pemerintah Kabupaten Banjar melaunching Pojok Keluarga pada 7 SMP sebagai program koordinasi kemitraan sekolah dengan masyarakat. Persesmian dilaksanakan di halaman SMP Negeri 3 Martapura, Sungai Paring, Martapura, Jumat (3/5/2019).

Pojok Keluarga merupakan ruangan lengkap dengan meja kursi yang disediakan di dalam kawasan sekolah untuk pihak keluarga siswa.

Tujuh SMP yang diresmikan memiliki Pojok Keluarga ialah SMPN 1 Martapura, SMPN 2 Martapura, SMPN 3 Martapura, SMPN 4 Martapura, SMPN 5 Martapura, SMPN 1 Martapura Timur, dan SMPN 2 Martapura Timur.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman menyampaikan dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Maidi Armansyah, Pojok Keluarga inimerupakan implementasi dari peratuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 30 tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan.

“Maka diperluakan sebuah media yang dapat menjalin koordinasi antara orang tua siswa dengan sekolah di lingkungan Kabupaten Banjar,” tutur Maidi.

Menurutnya tujuh sekolah ini sebagai percontohan, dan dapat memberikan sumbangan nyata dalam memberikan informasi secara keluarga mengenai perkembangan dari para siswa yang tengah menempuh pendidikan.

“Dengan penyampaian informasi yang baik kepada pihak keluarga, akan sangat bermanfaat bagi keluarga untuk memberikan dukungan atau menyampaikan prestasi siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah,” katanya.

Dalam pelaksanaan pendidikan, lanjutnya, ada beberapa hal yang patut untuk menjadi perhatian bersama, seperti upaya mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah, menekan angka putus sekolah, meningkatkan kualitas pembangunan bidang pendidikan, serta pentingnya peran keluarga ditengah masyarakat untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.

“Diharapkan setelah diresmikan tujuh pojok keluarga ini dapat secara berkesinambungan seluruh sekolah melakukan hal serupa, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kita sebagai bagian dari pencapaian visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Banjar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina PAUD, Pendidikan Keluarga, dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Alfisah memaparkan, tujuan dibentuknya Pojok Keluarga agar mempermudah koordinasi dan menyampaikan laporan siswa kepada pihak keluarga.

“Memudahkan orangtua berkoordinasi dengan sekolah, memudahkan sekolah dalam penuntasan siswa bermasalah, informasi kemajuan siswa atau sekolah dapat lebih mudah tersampaikan, serta terbangunnya kemitraan yang erat dan harmonis antara sekolah dengan orang tua siswa,” jelasnya. (fia/dra)

Read Previous

Puluhan Mahasiswa Datangi Bawalsu Kritisi KPU

Read Next

Warga Daha MENJERIT Bangunan Pasar Negara KUBAS

Tinggalkan Balasan