BNN

Tingkatan Jiwa Kewirausahaan, Kementan Gelontorkan Hibah Kompetitif

  • Bagikan

Program regenerasi yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Program YESS, memberi kesempatan kepada peserta untuk berkompetisi memperoleh satu fasilitas istimewa, yakni hibah kompetitif.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Dengan bantuan dana pendampingan dan pelaporan berkala, program YESS dirasa makin menarik, diminati dan mantap.

SMKPP N Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) melakukan pengawalan serta pendampingan terhadap penerima manfaat dalam mengakses berbagai peluang, salah satunya hibah kompetitif.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan,” kata Mentan.

Ditambahkannya, ini akan manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS.

Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian.

“Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” katanya.

Kali ini Kementan, yang diwakili oleh PPIU Kalimantan Selatan yaitu SMK PP Negeri Banjarbaru, melakukan penyerahan secara simbolis dana hibah kompetitif bersama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar, dihadiri Bupati Saidi Mansyur.

Dana hibah kepada 7 orang petani milenial dari Kabupaten Banjar, diserahkan Senin (20/9/2021).

Penyerahan Dana dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Banjar, yang kali ini diberikan kepada 7 orang petani milenial dari Kabupaten Banjar, dengan total bantuan sebesar 489 juta.

Mereka dinyatakan lolos dalam seleksi proposal tahap 1 yang telah mereka kirimkan sebelumnya.

7 Penerima Dana Hibah Kompetitif ini merupakan para petani milenial yang terdaftar sebagai calon penerima manfaat dalam Program YESS dari Kementan.

Diantaranya: M. Noor (Peternak Ayam), Rifiana Ayu Wardani (Peternakan Kambing), Abdul Rohim (Perkebunan), Hendra Prasetyo (Peternakan Kambing), M. Subki (Peternak Itik), M. Syarwani (Peternak Itik), dan Riki Yakub (Peternak Itik).

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar H. M Riza Daulay, di kesempatan tersebut menyampaikan harapannya.

“Dari kolaborasi Kabupaten Banjar dengan Kementerian Pertanian melalui Program YESS ini, harapannya menciptakan lapangan kerja dan wirausaha sesuai dengan potensi di Kabupaten Banjar, khusunya pertanian,” ujarnya.

Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, berharap 7 penerima ini diharapkan dapat mengembangkan wirausaha sesuai bidangnya.

Nanti akan didampingi oleh DIT Kabupaten dan fasilitator, serta dipantau selama kurang lebih 2 tahun. (tim ekspos smk pp negeri banjarbaru/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − one =