Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Tiga Desa di Batola Dipilih Menjadi Desa Cantik dari 83.820 Desa se-Indonesia

  • Bagikan
Sosialisasi Desa Cantik di Batola, Kalsel. (foto: faqih)
Sosialisasi Desa Cantik di Batola, Kalsel. (foto: faqih)

Dari 83.820 desa se-Indonesia, 100 desa di antaranya telah ditetapkan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPSRI) menjadi Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik. Tiga desa di antaranya adalah desa yang berada di wilayah Kabupaten Batola.  

BATOLA, koranbanjar.net – Tiga desa yang dipilih menjadi Desa Cantik tersebut yakni, Desa Antasan Segera, Kecamatan Mandastana, Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara dan Desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Batola.

Desa Cantik merupakan singkatan dari Desa Cinta Statistik yang diprogramkan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPSRI). Dengan ketentuan kriteria desa yang aktif, banyak berprestasi dan paling dekat dengan masyarakat.

Hal ini berkenaan dengan peran desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah. Sebab itu hanya 100 desa yang dipilih dari 83.820 desa se-Indonesia.

Terkait dnegan itu, BPS (Badan Pusat Statistik) berkerjasama dengan Bappelitbangda serta didukung sejumah SKPD di Batola melaksanakan sosialisasi Desa Cantik di Kabupaten Batola.

Sosialisasi dilaksanakan pada 13 Juli 2021 di desa Antasan Segera, kemudian 14 Juli 2021 di Desa Jejangkit Timur dan 15 Juli 2021 di Desa Anjir Serapat Muara. Kegiatan ini merupakan tahap pertama dari pelaksanaan sosialisasi Desa Cantik.

Usai sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan peningkatan kompetensi bagi aparatur desa setempet dan Kades.

Salah satu pegawai SKPD di Kabupaten Batola, Mukrim mengatakan kepada Koranbanjar.net pada Kamis (15/07/2021), keberadaan Desa Cantik merupakan perwujudan hadirnya kelengkapan data mengenai desa secara menyeluruh, sehingga memudahkan dan memperkaya informasi secara merata.

“Data akan tersedia dalam bentuk website, baik mengenai pemetaan, infrastruktur, sosial, ekonomi dan lainya,” kata dia.(mj-39/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *