oleh

Srikandi Sungai Indonesia Dukung Penghapusan Jamban Apung

MARTAPURA,koranbanjar.net – Srikandi Sungai Indonesia DR Galuh Tantri Narindra mendukung sepenuhnya penghapusan jamban apung di Kabupaten Banjar.

Penghapusan jamban apung yang ditargetkan sebanyak seribu unit selama lima tahun ini, merupakan program Bupati Banjar H Khalilurrahman untuk menciptakan sungai yang lebih bersih.

Melalui siaran Radio Swara Banjar pada program Takuni Abah (Tabah) belum lama tadi, hal ini kembali disampaikan Galuh Tantri, yang juga kepala Bappelitbang Kabupaten Banjar.

Perempuan berprestasi dan cerdas di Kabupaten Banjar ini, menyapa pemirsa bersama Abah Aidil Basith (Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar), didampingi penyiar ternama Fefen Efendy dan Roni Latar.

Tantri optimistis, target penghapusan seribu jamban apung bakal dapat direalisasikan hingga sisa waktu jabatan Bupati Banjar 2020.

“Penghapusan jamban apung tentu terus dibarengi pembangunan jamban darat atau komunal untuk masyarakat,” katanya.

Program penghapusan atau pembongkaran jamban apung, disebut juga program Om Toilet Om ini disertai dengan pembangunan jamban layak.

Pelaksanaan program lewat berbagai sumber pendanaan, diantaranya hibah air limbah setempat Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dana desa, swadaya masyarakat, maupun APBD Kabupaten Banjar.

Program pengurangan jamban apung merupakan program yang dilaksanakan untuk mengubah perilaku masyarakat, terbiasa buang air besar di sepanjang Sungai Martapura diwilayah Kabupaten Banjar.

Program unik bernama Om Toilet Om adalah upaya pemerintah Kabupaten Banjar, menuntaskan akses sanitasi bagi masyarakat di kabupaten yang dilalui banyak sungai. (dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: