Seminggu Pasca Tahun Baru Harga Bahan Pokok Masih Tinggi, Ini Daftarnya

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Beberapa kebutuhan bahan pokok di Pasar Batuah Martapura masih mengalami kenaikan, seperti ayam potong, cabai merah, cabai rawit dan kentang.

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Batuah Martapura, Asmiah (47), mengatakan ia menjual satu ekor ayam potong seharga Rp 55 ribu.

“Satu ekor itu beratnya kurang lebih 1,5 kilo gram. Modalnya Rp 28 ribu perkilonya,” ujarnya kepada koranbanjar.net, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, kenaikan ini sudah sejak menjelang tahun baru lalu, dan tidak ada penurunan harga. Ia mengaku tidak mengetahui apa penyebab kenaikan tersebut, namun ia mengatakan ini sudah menjadi langganan tiap tahunnya.

Dengan kenaikan tersebut, ia mengeluhkan keuntungan yang justru menurun drastis. Ia menyebutkan tidak sampai 10 persen keuntungan yang ia raup.

“Selain tidak banyak yang beli, keuntungan pun menipis. Paling-laling kami dapat mengambil keuntungan dari penjualan hati ayamnya,” keluhnya.

Seminggu Pasca Tahun Baru Harga Bahan Pokok Masih Tinggi, Ini Daftarnya
(foto: dra/koranbanjar.net)

Selanjutnya pedagang sayur-mayur, Sumiati (57 tahun), mengatakan cabai merah dan cabe rawit yang paling melambung harganya.

“Cabai merah asalnya Rp 25 ribu perkilonya kini naik menjadi Rp 45 ribu. Kalau Cabe rawit sebelumnya Rp 35 ribu sampai 40 ribu saja, kala sekarang Rp 70 ribu kita menjual,” katanya.

“Demikian juga wartel, kalau sebelumnya Rp 15 ribu kini sudah mencapai Rp 22 ribu perkilonya,” sambung Sumiati.

Baca juga, Disperindag Banjar Sebut Naiknya Harga Bahan Pokok Masih Wajar

Ia menyebutkan, tidak mengetahui sampai kapan kenaikan harga tersebut akan berakhir hingga kembali normal.

Sementara harga yang ditetapkan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, ada 5 bahan pokok yang mengalami kenaikan yang tercatat sejak Kamis (3/1/2019).

Kabid Perdagangan Disperindag, Ferryansyah, mengatakan 5 bahan pokok tersebut adalah, cabe rawit naik Rp 10.000 ribu dengan harga tertinggi Rp 65.000 ribu, cabe tiung naik Rp 5,000 ribu dengan harga tertinggi Rp 45.000 ribu, bawang merah naik Rp 6.000 dengan harga tertinggi Rp 36.000 ribu, ayam potong naik Rp 500 perak dengan harga tertinggi Rp 28.000 perkilo gram, serta tomat naik Rp 2.000 ribu dengan harga tertinggi Rp 14.000 ribu. (dra)

Harga bahan pokok di Disperindag Banjar

Read Previous

Lihat Jalan Rusak, Bupati HSS “Tegur” Kadis PU

Read Next

Disperindag Banjar Sebut Naiknya Harga Bahan Pokok Masih Wajar

Tinggalkan Balasan