Satu Hari Seleksi Gita Bahana Nusantara, Inilah 4 Terbaik

oleh -152 views
Satu Hari Seleksi Gita Bahana Nusantara, Inilah 4 Putra-Putri Terbaik

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – 67 putra-putri dari 12 SMA/Sederajat ikuti Seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kabupaten Banjar, di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, Martapura, selasa (19/03/2019).

Dari 67 peserta tersebut terdiri dari 49 perempuan dan 18 laki-laki. Seleksi dijuri oleh guru-guru kesenian dan pelatih paduan suara, Endah Sri Hastuti, Gusti Abdul Halim, dan Muhammad Syahid.

Sekretaris Disbudpar Banjar Aidy Hikmatullah saat membacakan sambutan Kadisbudpar Banjar menyampaikan, Seleksi Gita Bahan Nusantara merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Disbudpar Banjar untuk memilih duta Kabupaten Banjar untuk diseleksi kembali di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Satu Hari Seleksi Gita Bahana Nusantara, Inilah 4 Putra-Putri Terbaik

Gita Bahana Nusantara merukan grup paduan suara yang akan tampil pada acara-acara kenegaraan, seperti Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, dan sidang istemewa MPR dan DPR.

“Gita Bahana Nusantara merupakan wadah menyalurkan kreatifitas generasi muda dibidang seni dengan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu daerah,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Banjar Yuana Karta Abidin mengungkapkan, beberapa tahun terakhir Kabupaten Banjar hanya mampu menjadi runner up, dan belum ada yang berkiprah di kancah Nasional.
“Kabupaten Banjar sempat pada 2015 berhasil mengirim 3 peserta asal ke tingkat Nasional,” ujar Yuana di sela-sela acara.

Seleksi BGN Kabupaten Banjar hanya dilaksanakan selama 1 hari. Sementara yang lulus di seleksi ini, yaitu Gusti M Arief Rahman dari SMA 1 Karang Intan dengan jenis suara Tenor Zen Aldy Alkatiri dari SMKN 1 Martapura dengan jenis nada Bass, Sopran diisi oleh Marshanda Aprilya Tambunan dari SMA Banua, adapun untuj jenis suara Alto diisi oleh Puteri Syarfina AW dari SMA 1 Martapura.

“Setelah ini, mereka yang terpilih akan terus diberi pembinaan dan arahan sebelum akhirnya mengikuti audisi ditingkat provinsi,” ucapnya.

Ia berharap dengan diselenggarakannya Seleksi Gita Bahan Nusantara dapat kembali memilih peserta terbaik yang dapat berkiprah di tingkat Nasional. (fia/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan