Sambangi Tabalong, Timsel Kalsel Sosialisasikan Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

Sosialisasi pendaftaran bawaslu kabupaten/kota di Tabalong. (foto: arif/koranbanjar.net)

Tim Seleksi (Timsel) wilayah III Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi alur dan mekanisme pendaftara menjelang penerimaan anggota Bawaslu kabupaten/kota periode 2023-2028.

TABALONG, koranbanjar.net – Sosialisasi dilaksanakan di Kantor Bawaslu Tabalong bersama sejumlah tokoh masyarakat, agama dan pemuda, Rabu (24/05/2023).

“Ini yang pertama kita mensosialisasikan, habis ini ke Balangan dan terakhir ke Barabai HST,” ujar Ketua Timsel Zona III, Abrani Sulaiman kepada awak media.

Abrani mengatakan, saat ini sudah memasuki tahapan sosialisasi yang dimulai sejak 22 sampai 27 Mei 2023, sedangkan untuk tahapan pendaftaran serta penerimaan berkas pada 29 Mei sampai 7 Juni 2023.

“Jadi ada waktu sekitar satu mingguan. Dan itu kami harap di Tabalong banyak yang berminat untuk memasukkan berkas mendaftar sebagai calon Bawaslu,” katanya.

Dirinya juga mengingatkan bahwa ada keharusan untuk keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah pendaftar yang bakal mengajukan berkas.

“Minimal pendaftarnya paling tidak ada 24 orang, dan perempuan 30 persen itu artinya harus ada 8 orang minimalnya. Jika tidak terpenuhi maka ada kita perpanjang masa pendaftaran selama 3 hari,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam pembentukan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang masing-masing akan dicari sebanyak tiga orang.

“Nanti akan dilantik tiga orang masing-masing komisioner Bawaslu Kabupaten maupun kota,” tambah Abrani.

Dalam kesempatan itu, dalam sosialisasi Ketua Timsel Zona III Bawaslu Kalsel didampingi Sekretaris, Erlina dan anggota, Bunyamin serta Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan.

Diketahui, Bawaslu Kalsel wilayah III mencakup 4 kabupaten diantaranya Balangan, Hulus Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), dan Tabalong.

Berikut jadwal tahapan pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028:

1. Sosialisasi dan pengumuman pendaftaran selama 6 hari, 22 sampai 27 Mei 2023

2. Tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas selama 7 hari, 29 Mei sampai 7 Juni 2023.

3. Tahapan perbaikan berkas persyaratan 3 hari, 8 sampai 10 Juni 2023

4. Pengumuman masa perpanjangan pendaftaran selama 3 hari, 12 sampai 15 Juni 2023.

(anb/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *