Berita UtamaKab Banjar

Ragam Wajah Sekumpul dalam Lensa

Galeri Foto Haul ke-14 Guru Sekumpul

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Tak ada yang bisa memastikan berapa juta manusia yang hadir dalam Haul Akbar ke-14 Guru Sekumpul, Minggu (10/3/2019), di Jalan Sekumpul, Martapura. Namun banyak yang memperkirakan jumlah jamaah pada peringatan wafatnya ulama paling tersohor di Kalsel itu meningkat dari tahun sebelumnya.

Koranbanjar.net sempat merekam sejumlah momen menarik para jamaah dalam ritual tahunan terbesar di Kasel itu. Berikut foto-fotonya.

Seorang jamaah tertidur di halaman Musala Ar Raudhah, Minggu pagi. Musala Ar Raudah merupakan pusat utama kegiatan Haul ke-14 Guru Sekumpul. (Foto: Donny Irwan)
Seorang pria bertato bersandar di salah satu pagar rumah warga, beberapa langkah dari halaman Musala Ar Raudhah, karena tak kebagian tempat duduk di Musala Ar Raudah. (Foto: Donny Irwan)
Salah satu panitia Posko Induk Ar Raudhah sedang mengatur arus keluar masuk ribuan jamaah di depan Musala Ar Raudhah, Minggu pagi. (Foto: Donny Irwan)
Seorang relawan haul yang bertugas menjadi juru masak di salah satu dapur umum haul Guru Sekumpul, memasukkan beras ke dalam kawah (panci besar). (Foto: Donny Irwan)
Para juru masak sedang membumbui masakannya di salah satu dapur umum untuk diberikan kepada jutaan jamaah. (Foto: Donny Irwan)
Walaupun berjibaku dengan panas api dan kepulan asap, seorang relawan tetap melaksanakan tugasnya menjadi juru masak di dapur umum haul Guru Sekumpul. (Foto: Donny Irwan)
Seorang anak terjepit di antara kerumunan karena berusaha menembus batas jamaah di Jalan Guntung Alaban, yang dijaga para relawan haul. Para relawan terpaksa menutup sejumlah jalan yang sudah dipenuhi jamaah. (Foto: Donny Irwan)
Penjual marning serta makanan khas tradisional daerah Kalsel lainnya ikut mengais rezeki dalam Haul ke-14 Guru Sekumpul. (Foto: Donny Irwan)
Petugas Satpol PP berusaha membuka jalan dari kerumunan jamaah agar parade mobil tamu VIP haul Guru Sekumpul bisa melintas di Jalan Sekumpul menuju Musala Ar Raudhah, Minggu sore. (Foto: Donny Irwan)
Seorang ibu bersama anak perempuannya sedang menunggu waktu Magrib di tepi Jalan Guntung Alaban, di antara lalu-lalang jutaan jamaah. (Foto: Donny Irwan)
Para jamaah bersiap melaksanakan salat Magrib di Jalan Pendidikan. Pada titik fokus dalam foto ini, tampak dua jamaah sedang khusyuk melaksanakan ibadahnya sampai kepalanya ditundukkan hingga serendah dada. (Foto: Donny Irwan)
Poster Guru Sekumpul selalu menjadi komoditas primadona yang dijual setiap hari peringatan wafatnya. (Foto: Donny Irwan)
Jamaah bertato sedang berdoa saat detik-detik menjelang waktu Magrib, di perempatan Jalan Guntung Alaban. (Foto: Donny Irwan)

Tinggalkan Balasan

Close