BNN

Program YESS dari Kementan Berikan Motivasi Entrepeneuer Tanah Laut

  • Bagikan

Program YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services) terus berjalan. Kali ini, kegiatan Pelatihan Bussines Motivation Pathway bagi Pemuda yang dilaksanakan oleh DIT (District Implementation Team) Kabupaten Tanah Laut dengan melibatkan BDSP (Bussiness Development Service Provders), sudah terlatih untuk melatih pemuda penerima manfaat Program YESS.

TANAHLAUT,koranbanjar.net – Program YESS yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini dirancang untuk mengembangkan potensi generasi muda dan regenerasi petani di pedesaaan untuk menjadi wirausahawan muda dan tenaga kerja profesional di bidang pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Indonesia memerlukan adanya regenerasi petani dan transfer teknologi dalam rangka pembangunan pertanian nasional, terutama mengubah manajemen usaha.

BACA:  Polda Musnahkan Narkoba dengan Jumlah Fantastis, Ini Faktanya

“Transformasi mau tidak mau akan mengubah cara kita menjalani manajemen usaha pertanian, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Saya yakin di tangan generasi milenial pembangunan pertanian akan lebih mudah dicapai,” kata Mentan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa program YESS akan meningkatkan minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari sejak Rabu (21/07/2021) ini dilaksanakan di 2 lokasi berbeda. Yaitu di BPP Pelaihari dan di BPP Jorong, Tanah Laut.

BACA:  Dukung Regenerasi Petani, SMKPP Banjarbaru Siap Sukseskan The 2’nd MIA Expo 2021

Selaku Project Manager Provincial Project Implementation Unit Provinsi Kalimantan Selatan, Angga Tri Aditya Permana menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini 80 orang dari 2 lokasi tersebut.

Para peserta mendapatkan materi mengenai model jalur motivasi bisnis dan pengimplementasiannya.

Angga menambahkan melalui pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana menemukan peluang bisnis serta langkah-langkah yang diperlukan untuk menangkap dan mewujudkan bisnis sesuai target yang diinginkan

Ambar, salah satu peserta dari kecamatan Jorong mengungkapkan, dengan mengikuti kegiatan ini ia memperoleh tambahan ilmu dan mendapatkan motivasi lebih lagi.

BACA:  Regenerasi Petani di Kalsel, Kementan Tingkatkan Kapasitas Mentor

Agar usaha yang ia jalankan mampu merambah ke pangsa pasar yang lebih luas lagi dari sebelumnya.

Perlu diketahui, Program YESS adalah salah satu sinergi antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Untuk di Kalimantan Selatan, Program YESS dilaksanakan di 3 kabupaten, yakni Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. (Tim Humas SMK PP N Banjarbaru/dya)

(Visited 11 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *