BNN

9.077 Penyuluh dan Petani Kalbar Siap Sukseskan Pelatihan Sejuta Penyuluh dan Petani

  • Bagikan

Rencana Kementerian Pertanian menggulirkan Pelatihan Sejuta Penyuluh dan Petani, mendapat sambutan hangat di Kalimantan Barat (Kalbar). Bahkan, 9.077 penyuluh dan petani di Kalbar siap mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

KALIMANTANBARAT,koranbanjar.net – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah mencanangkan kegiatan Pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani di Indonesia.

“Walaupun masih pandemi Covid-19, pertanian tidak boleh berhenti, sektor pertanian harus dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia,” tegas Mentan SYL.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, meminta seluruh insan pertanian baik penyuluh pertanian, petani andalan dan petani milenial dapat ikut berpartisipasi aktif untuk mendukung pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani di Indonesia.

BACA:  Rebana Asli Produksi Martapura, Pembuatannya Tergantung Cuaca

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPPSMDP Kementan, Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Banjarbaru, juga turut mendukung pelatihan sejuta penyuluh dan petani, yang akan diadakan pada akhir Juli 2021.

Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, menerangkan, tim yang telah dibentuk sudah berkoordinasi dengan Dinas-Dinas terkait yang ada di Kalimantan Barat.

SMK PP Negeri Banjarbaru merupakan PIC untuk wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Barat (Kalbar).

“Untuk itu, kita dan tim sudah mulai bergerak melakukan sosialisasi dan koordinasi kegiatan bimtek 1 juta penyuluh dan petani ke seluruh wilayah melalui Dinas Pertanian Kabupaten/Kota di Kalbar,” terang Budi.

BACA:  Luhut Ungkap Alasan Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Budi menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek dan mendorong percepatan registrasi pendaftaran seluruh penyuluh pertanian dan petaninya, agar ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelatihan 1 juta penyuluh dan petani nanti.

Menurut data yang telah dihimpun dari 13 Kabupaten yang ada di Kalbar, tercatat 9.077 peserta terdaftar.

Jumlah realisasi penyuluh sudah melebihi target yakni sebanyak 1.077 orang peserta (101,22%, target : 1.064).

Sedangkan jumlah petani terdaftar sebanyak 7.601 orang (target 41.832) dan realisasi insan pertanian lainnya sebanyak 399 orang peserta. (Tim Humas SMK PP N Banjarbaru/dya)

(Visited 3 times, 1 visits today)
  • Bagikan

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *