oleh

Program Rutilahu Bermanfaat Untuk Warga Tidak Mampu

GAMBUT,koranbanjar.net – Manfaat program bedah rumah tidak layak huni (Rutilahu) sangat dirasakan oleh puluhan warga tidak mampu di Kabupaten Banjar.

Program diselenggarakan Kementerian Sosial RI ini dilaksanakan Dinas Sosial Kabupaten Banjar di wilayah Kabupaten Banjar.

Diantaranya menyentuh warga tidak mampu di Desa Malintang Baru Kecamatan Gambut, seperti Maseri yang berusia 70 tahun, ditemani ibunya wanita tua renta. Tinggal di rumah reyot, lapuk dan dipenuhi lubang.

Namun berkat program Rutilahu, kini mereka bisa tidur nyenyak di rumah bagus dan layak huni.

Saat dikunjungi oleh Tim dari Dinas Sosial Kabupaten Banjar, keduanya tak terhitung mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membangunkan rumah baru bagi mereka.

“Alhamdulillah, terima kasih telah memperbaiki rumah kami,” ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Warga lainnya Ismail, yang kini juga menempati rumah baru merasa nyaman menempati rumah hasil kegiatan bedah rumah dan bersyukur serta berterima kasih mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah sekarang saya sudah bisa ikut melaksanakan kegiatan kemasyarakatan di rumah yaitu kegiatan Yasinan,” ucapnya.

Kasi Perberdayaan Perlindungan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Banjar Hj. Martasiah kini pihaknya telah merampungkan kegiatan Rutilahu dan tinggal menyelesaikan tahapan pelaporan.

“Kita melakukan kontrol fisik bangunan sekaligus menyempurnakan beberapa dokumen termasuk dokumentasi berupa foto yang harus fokus,” jelas dia.

Turut melakukan pengontrolan bangunan, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Gambut Noor Aidah, TKSK Kecamatan Gambut Maria Ulfah serta Pambakal Desa Malintang H Hamidannor dan sejumlah aparatur desa. (kominfobanjar/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan