Pj Bupati Tabalong Ingatkan Partisipasi Masyarakat Penting Dalam Membangun Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah saat pengecekan pasukan pada apel kesiapsiagaan bencana (foto: arif/koranbanjar.net)

Dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Tabalong, partisipasi masyarakat memegang peranan yang sangat penting.

TABALONG, koranbanjar.net – Hal itu disampaikan Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah apel kesiapsiagaan bencana 2024 di Halaman Pendopo Bersinar, Senin (20/05/2024).

Apel siaga bencana diikuti unsur Forkompinda, TNI-Polri, para Camat, instansi vertikal, perusahaan serta relawan UPBS.

Pj Bupati Hamida menjelaskan partisipasi masyarakat maupun semua pihak terkait menunjukkan komitmen bersama dalam membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Pasalnya membangun kesiapsiagaan bencana memang harus dimulai dari terkecil yaitu lingkungan keluarga dalam masyarakat.

“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana,” jelasnya.

Menurut Hamida, setiap keluarga di masyarakat sudah memiliki kesiagaan yang baik, maka secara kolektif kesiapsiagaan masyarakat pun akan terbentuk.

Sehingga partisipasi masyarakat mempunyai peran penting. Hal itu mengingat masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana bersama pihak berwenang menjadi garda utama dalam penanggulangan bencana.

“Merekalah yang paling memahami kondisi wilayahnya dan ancaman bencana yang mengintai. Keterlibatan masyarakat secara aktif sangat diperlukan,” ujarnya.

(anb/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *