oleh

Perekaman e-KTP Langsung Dilaksanakan ke Desa-desa

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Demi  mempermudah pelayanan masyarakat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, melakukan perekaman langsung ke desa-desa.

Kini warga tak lagi harus datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil  Kabupaten Banjar di Martapura, mereka  cukup melakukan perekaman data diri di kantor desa masing-masing. Di sana, para petugas membuka pelayanan KTP elektronik.

Seperti yang terlihat di kantor Desa Sungai Kupang Kecamatan Gambut Sabtu (26/08/2018), pihak Kecamatan Gambut serta aparatur desa setempat serta Disdukcapil Banjar membuka layanan perekaman e-KTP untuk warga Desa Sungai Kupang dan desa tetangganya yakni Desa Keladan Baru, Kecamatan Gambut.

Seperti perekaman di kantor Disdukcapil Banjar, perekaman di Desa Sungai Kupang juga dilakukan mulai dari pengisian data, perekaman sidik jari serta retina mata. Diawali dengan  pendataan warga yang belum memiliki e-KTP, verifikasi dan persiapan dokumen oleh perangkat desa.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, kebanyakan adalah para pemula dan lansia yang tidak bisa datang langsung ke kantor Disduk capil,” uar Kepala Dinas Dukcapil M Azwar.

Sebanyak 23 warga Desa Keladan Baru serta 65 warga Desa Sungai Kupang memanfaatkan pelayanan kantor di desa tersebut, guna mendapatkan atau memperbaharui KTP elektronik mereka. Ada yang baru membuat KTP elektronik, sebagian juga ada yang melakukan pembaharuan seperti status pernikahan.

Plt. Camat Gambut H. Sirajuddin Ali,  yang juga hadir melihat secara langsung pelayanan perekaman e-KTP di Desa Sungai Kupang,  menyambut baik program tersebut. Menurutnya, adanya program perekaman KTP di desa, maka akan sangat membantu warga karena tak usah jauh-jauh datang ke kota untuk melakukan perekaman KTP.

“Program ini sangat membantu warga kami, makanya kami berharap program seperti ini bisa dilanjutkan di desa-desa lainnya,” ujar Sirajuddin, di sela-sela perekaman KTP warga, Sabtu (26/8/2018).

Sementara  Ahmad Fredi, warga Desa Keladan Baru yang juga melakukan perekaman KTP elektronik merasa terbantu dengan kedatangan petugas Disdukcapil ke desa, karena tak harus datang langsung ke Martapura.

“Makanya begitu mendengar bakal ada perekaman KTP elektronik di desa, saya langsung berminat, dan mendaftarkan diri,” ujarnya.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: