oleh

Peningkatan Jalan di Kabupaten Banjar Melebihi Standar Kementerian PU

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET- Dalam mewujudkan visi dan misi Bupati Banjar H Khalilurahman dan Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar memikul tanggung jawab paling penting meningkatkan ketersediaan infrastruktur.

Menjaga ritme pembangunan selama 2 tahun lebih di Kabupaten Banjar tidak mudah. Pembangunan infrastruktur Kabupaten Banjar memiliki luas wilayah kurang lebih 4.688 km persegi dengan 781,39 km jalan kabupaten harus dijaga tidak tersendat, pasalnya anggaran pembangunan tidak selalu mulus di tengah kondisi ekonomi.

Namun Dinas PUPR membuktikan kinerjanya dengan sangat baik, terbukti dari peninjauan langsung Bupati Banjar H Khalilurhaman pada Rabu (05/09/2018) ke lokasi yang saat ini sedang melakukan pembangunan infrastruktur di wilayah Bincau, Karang Intan, dan Pulau Penyiuran.

“Harapannya ini salah satu visi dan misi Bupati dalam hal meningkatkan infrastruktur,  walaupun keadaan anggaran kita saat ini terbatas. Namun meski terbatas di tahun 2018 ini , kondisi saat ini untuk jalan kabupaten mencapai kondisi jalan mantap 69,41% untuk jalan desa mencapai 73,54% dan ini sudah di atas standar pelayanan kementerian pekerjaan umum yaitu 60%,” ujar Kepala Dinas PUPR Banjar, M Hilman.

Hilman juga menambahkan, dengan keterbatasan yang ada, Bupati Banjar memeberikan strategi dalam pembangunan, dengan cara meningkatkan mutu pekerjaan yang dilakukan dengan cara tidak manual. Harapannya usia jalan dapat meningkat.

“Kami dingatkan Bupati, bagaimana strategi pembangunan dalam keterbatasan, salah satunya dengan peningkatan kualitas dan konidis jalan dalam keadaan mantap tetap dapat ditingkatkan, yaitu dengan peningkatan mutu pelaksanaan pekerjaan. Yang kita lihat tadi sebagian besar pada jalur kabupaten maupun jalan desa yang dilakukan pengaspalan kita pekerjaannya menggunakan alat. Yang mana aspalnya dari produk UMP, diharapkan usia jalan dapat meningkat,”katanya.

Selain itu menurut Hilman, pembangunan atau perbaikan jalan ini menjadi prioritas pemerintah, dan salah satunya dapat dilihat dengan pembuatan jalur baru yang dapat menembus Desa Sungai Asam menembus Karang Intan.

“Demi kenyamanan masyarakat, di mana pembangunan jalan ini juga sangat ditunggu masyarakat, dan Bupati juga menginturksikan agar segera dikerjakan pada tahun ini,” ucapnya.(sai/sir)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: