Pemerataan Layanan Kesehatan di Desa Terpencil Tanah Bumbu Terus Digenjot

Kepala Dinas Kesehatan, Setia Budi saat ditemui di ruang kerjanya.(Foto: Diskominfo Tanbu)
Kepala Dinas Kesehatan, Setia Budi saat ditemui di ruang kerjanya.(Foto: Diskominfo Tanbu)

Pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Tanah Bumbu (Tanbu) sesuai visi dan misi Bupati, HM dr. Zairullah Azhar bakal terus di genjot.

TANAH BUMBU, koran banjar.net- Hal itu akan dilakukan melalui bidang pelayanan publik Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu.

“Untuk meningkatkan pelayanan, maka kami akan menambah petugas kesehatan di 5 desa berada di perbatasan Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tanbu, Setia Budi, Kamis (10/6/2021).

Ia menerangkan, kelima desa terpencil itu, desa Dadap Kusan Raya, Tamunih, Batu Bulan, Hati’if berada di Kecamatan Teluk Kepayang, serta desa Emil Baru terletak di wilayah Kecamatan Mentewe.

Dijelaskan, saat ini pihaknya telah menugaskan tenaga kontrak provinsi sebanyak 4 orang. Rinciannya, dua orang bidan di desa Tamunih, dan dua bidan ditugaskan di desa Batu Bulan atau Dadap secara mobile setiap hari.

“Selanjutnya untuk penambahan kami akan merekrut petugas kesehatan perawat 5 orang dan bidan 5 orang untuk melayani 5 desa terpencil itu,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih terus melakukan prekrutan petugas perawat, dan bidan sembari menunggu anggaran perubahan.

Pasalnya, petugas kesehatan akan bertugas di wilayah desa terpencil akan diberikan gaji serta insentif bulanan terbilang cukup banyak.

“Hal ini dikarenakan operasional menuju wilayah desa terpencil juga lumayan besar karena jarak tempuh yang begitu jauh,” ungkapnya.

Di samping itu, Dinas Kesehatan juga akan membangun Puskesmas desa (Puskesdes) guna pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil yakni desa Batu Bulan, Dadap Kusan Raya, serta Tamunih.

“Belum lama ini Bupati beserta seluruh jajaran SKPD silaturahmi ke desa terpencil. Lalu, Dinkes Tanbu turut melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada warga desa Tamunih dan Dadap Kusan Raya,” tutupnya.(ags/sir)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *