Pembangunan Di Cintapura Bergerak Dinamis

CINTAPURI – Pembangunan di wilayah Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar bergerak dinamis. Dari sekian banyak pembangunan desa yang sudah dilaksanakan, ada 2 pembangunan yang cukup menonjol.


Pertama, pembangunan siring jalan yang berada di Desa Banua Anyar. Kedua, pembangunan Pasar Desa Keramat Mina, Kecamatan Cintapuri. Sebagaimana diketahui, dulu jalan Desa Banua Anyar ini hanya berbahankan kayu yang di susun di ruas jalan. Jalan tersebut hanya memiliki sekitar 3 meter, dan sepanjang jalan hanya bermaterialkan kayu.

Kini dalam program pembangunan 2017, Desa Banua Anyar telah melakukan peningkatan jalan sepanjang 630 M2, sedangkan yang sudah digarap sepanjang 210 M2. Sehingga yang masih belum digarap tinggal 420 M2. “Kami menargetkan, 2018 peningkatan jalan di semua kampung akan
selesai. Semoga berjalan terus, karena pembangunan ditentukan oleh masing-masing desa,” tutur Pembakal Cintapuri, H Sabar kepada Koran Banjar.


Pembangunan lain yang sudah dilaksanakan adalah pembangunan Pasar Kramat Mina. Sebelumnya Pasar Keramat Mina dipusatkan di samping masjid, sehingga menimbulkan kekumuhan di lingkungan masjid. Setelah pembangunan pasar dipindah ke Keramat Mina, sekarang menjadi tertata dengan baik. Kemudian, lingkungan masjid pun menjadi bersih. “Waktu pasar dekat masjid, membuat suasana orang yang beribadah menjadi kurang khusuk. Namun sekaran sudah menjadi bagus lagi,” ungkapnya.

Camat juga menegaskan, dana desa juga membentuk tim evaluasi monitoring (Monep). Tim bekerja memantau pembangunan yang dilaksanankan dengan dana desa. “Kami ke desa-desa 10 hari 1 kali atau
lebih tepat untuk memantau,” tutur Camat Cintapuri H Suyitno. (sen)

Read Previous

Berkas Partai Gerindra Dikembalikan

Read Next

Banjarbaru Satu-satunya Anggota Citynet Se Kalsel

Tinggalkan Balasan