MTQ Nasional Kalsel

Pembangunan Air Mancur Diharapkan sudah Selesai di HUT Banjar

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Untuk lebih mencerminkan Kota Martapura sebagai kota yang religi, sektor penataan ruang Pemkab Banjar bangun etalase kota berupa air mancur di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS).

Air mancur tersebut dibangun berdekatan dengan tugu CBS. Peningkatan infrastruktur itu merupakan program penataan kawasan strategis.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, H Mokhamad Hilman, mengatakan etalase  kota itu merupakan cerminan kota itu seperti apa.

“Jadi Setiap periode masa kepemimpinan kepala daerah menginginkan kota seperti apa,” ujar Hilman.

AIR MANCUR ETALASE MARTAPURA
Pembangunan nampak dari dalam.

Rencana pembangunan air mancur ini sudah tahap revisi yang ketiga dengan menyesuaikan keinginan bupati saat ini.

“Saat zaman Bupati Khairul Shaleh periode pertama dulu, kita pernah merencanakan pembangunan bundaran di Sekumpul, namun yang namanya rencana tidak selalu terwujud,” ungkapnya.

Perencanaan ini, lanjut Hilman, menyerap dari keinginan kepala daerah. Karena  keinginan bupati menjadi Kota Martapura sebagai Kota Serambi Mekkah, pertama harus ada gerbang kota, termasuk salah satunya di kawasan CBS itu dibikinkan air mancur.

“Supaya memberikan kesan untuk penataan pencerminan kota air mancur seperti ada di padang pasir,” jelasnya.

Untuk membangun air mancur itu diperkirakan menghabiskan biaya 1.6 miliar dengan durasi kerja selama 6 bulan.

“Kita mengharap di HUT Kabupaten Banjar pada 14 Agustus mendatang sudah selesai kalau memungkinkan. Sebab, berbicara soal air itu kendalanya bocor, makanya kami sangat hati-hati, memang kalau secara teknisnya pekerjaan sipilnya ini paling lama dua bulan, kalau instalasi air mancur tiga minggu, jadi tiga bulan sudah selesai,” pungkas Hilman. (dra)