Mengenal Ulama Sepuh Banjarmasin, KH.Qoderi; Bila Diundang Pergi Naik Ontel

  • Bagikan
Tokoh Ulama Banjarmasin, KH. Qoderi.

Tokoh ulama Banjarmasin, KH.Qoderi (70) adalah salah seorang tokoh ulama yang terbilang sepuh. Tokoh ulama ini tinggal di Jalan Amanda Permai, Km 4.5, Seberang Mesjid Attaqwa, Kota Banjarmasin. Walaupun tidak semasyhur ulama yang lain di Banjarmasin, namun kesepuhannya justru telah diakui banyak ulama.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – KH. Qoderi (70) lahir di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. KH. Qaderi tinggal di Banjarmasin sejak tahun 1967, dia memiliki 4 anak, kemudian salah seorang di antaranya telah meninggal dunia. Kini, dia tinggal bersama anak-anaknya di Jl A. Yani Km 4.5 Gang Hidayah seberang Mesjid Attaqwa Banjarmasin.

Qoderi saat ditemui koranbanjar.net, Minggu, (28/3/2021) bercerita, masa kecil atau tahun 50-an, KH Qoderi sempat mengenyam pendidikan SR hingga kelas 5, kemudian melanjutkan sekolah ibtidaiyah selama 6 bulan, selebihnya banyak belajar hanya dengan guru-guru agama di kampung.

Qoderi salah satu ulama yang sepuh di Kota Banjarmasin, dia berguru dengan Guru Muhammad (orang tua Almarhum Guru Zuhdianoor) Mualim Syukur, Guru Karia, Mualim Jafar dan Guru Ahmad Fadli.

Kesehariannya mengajar para jamaah di rumah pada hari-hari tertentu, selain itu mengajar di Masjid Attaqwa. Kemudian, bila diundang acara hajatan atau majelis di tempat lain, dia sering menolak dijemput, tetapi lebih suka datang sendiri menggunakan sepeda ontel.

Sifat mulia lain yang patut dicontoh dari KH. Qoderi, dia sangat bhakti kepada orang tua.(mj-33/sir)

 

NEWS STORY
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *