Mengenal dari dekat sosok tokoh muda Pribadi Heru Jaya (2)

oleh -201 views
Heru Pribadi Jaya

Eks ASN Yang Sukses Berpolitik

“Pernah menjadi rekanan PT. PLM dan pernah juga buka warung dan ponsel didepan rumah,” ujar Heru Pribadi Jaya.

MUHAMMAD NURHUDA, Martapura.

MELANJUTKAN kisah sebelumnya, menceritakan tentang berpolitik yanfg dilakoni Pribadi Heru Jaya, politisi PKB Kabupaten Banjar. Saya akan menceritakan sedikit kisah Heru setelah selesai kuliah.

Bahwa selesai kuliah, beliau sempat menambang di suatu pertambangan di daerah Rantau selama 1 tahun. Sempat juga membuka warung dan ponsel di depan rumahnya sendiri di Martapura.

Heru Pribadi Jaya

Itulah yang terjadi di perjalanan kehidupan Heru, tidaklah mudah jikalau di dalam pikiran setelah kuliah bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tidak bisa sekejab walaupun keinginan berpolitik sangat lah kuat, semua itu butuh proses, setelah berbagai macam proses dilalui.

Sepak terjang Heru pun tidak hanya bekerja diswasta saja Heru sempat bekerja di Pemerintahan Kabupaten Banjar dan menjadi anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan 2014 – 2019, beberapa tahun sebelum Heru mencalonkan anggota DPRD Kabupaten Banjar.

Panjang jika saya ceritakan semuanya secara detail, maka saya singkat sedikit kisah ini, dan beliau memberikan alasan kenapa ingin terjun ke politik selain dari pengalaman hidup yang keras.

”Pernah ada yang berkata berpolitik itu kejam. Tapi di waktu jaman reformasi kalau kita mau berbuat, kalau kita mau mengabdi, kita harus masuk ke dalam sIstem. Teriak-teriak di luar, tidak akan bisa apa-apa,” itulah alasan bersangkutan kenapa ingin terjun ke dunia politik.

Pada Tahun 2003, Heru memutuskan untuk bergabung ke partai politik yaitu PKB menjalani masa pengkaderan dengan lancar dilalui Heru, mengingat Heru juga mantan seorang aktivis di kala masih kuliah dulu. “kenapa saya memilih PKB, diantaranya banyak mempunyai ideologi, dan PKB mempunyai ideology sejalan dengan saya,” katanya.

Menariknya, lima tahun kemudian atau 2008 Heru sudah memegang pucuk pimpinan sebagai Ketua PKB di Kabupaten Banjar. Malah, perjalanan Heru di dunia politik terus berlanjut dan semakin naik walupun kenaikannya sedikit demi sedikit namun pasti.

Bertepatan 2014, Heru mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel.

Langkahnya memang tiak mulus namun sukses diraihnya. Ia berhasil menduduki kursi wakil rakyat di legisltif Kalsel yang menjadi tujuannya selama ini guna mangabdikan diri kepada banua.

Keberhasilan Heru tidak luput dari dukungan semua rekan, keluarga, tim sukses, dan masyarakat yang mempercayainya sebagai anggota DPRD Kalsel.

“Saya ucapkan terima kasih banyak, kepada semua yang sudah mendukung, sehingga mempercayakan amanah ini kepada saya,” ujarnya.

Menjalani satu periode di DPRD Provinsi Kalsel tahun 2014-2019, banyak pengalaman yang didapat, evaluasi akan diperbaiki kembali dan Heru mempunyai inisiatif lain untuk kedepannya.

Ternyata, karir politiknya tidak tamat menjadi anggota legislatif. Habis masa jabatan di DPRD Provinsi Kalsel, Heru kembali dipercaya warga Kabupaten Banjar untuk duduk di DPRD Kabuaten Banjar.

Nah, politisi yang pernah dicalonkan sebagai Bupati Kabupaten Banjar 2010-2015 ini mempunyai alasan kenapa memilih berkiprah di DPRD Kabupaten Banjar dan alasannya. Bisa diikuti pada cerita berikutnya. (bersambung)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan