Luar Biasa, Tak Hanya Bedah Rumah, TNI juga Siapkan Septictank

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET –  Anggota TNI tidak hanya aktif bertugas menjaga kedaulatan NKRI di medan perang, tetapi juga aktif membantu meningkatkan fasilitas masyarakat. Seperti halnya Satgas TMMD ini yang juga memberikan membangunkan septic tank individual di rumah warga  yang  mendapatkan program bedah rumah.

“Kami membuatkan septic tank yang lebih standar dari sisi kesehatan. Makanya petugas harus lebih hati-hati dan teliti agar lebih baik,” kata Danki Satgas TMMD Kapten Mujiono, Kamis (12/7/2018) siang.

Menurut Mujiono, sasaran tambahan program TMMD Ke-102 memang bukan sekadar memperbaiki rumah yang rusak, namun bisa dibilang membangun kembali rumah tersebut.  Jadi, Satgas bukan hanya membangun rumah yang layak huni, namun juga membuat sanitasi yang awalnya sangat memprihatinkan serta jauh dari standar kesehatan.

“Untuk bedah rumah, anggota dibagi dalam beberapa tugas, ada yang terus mengerjakan plesteran dinding rumah dan sebagian menggali dan mengecor septic tank,” ungkapnya.

Kapten Inf Mujiono menegaskan, pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus, karena merupakan satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan. Keliru, mengakibatkan bibit penyakit seperti diare, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal. (sai/sir)