Tak Berkategori  

Antusias Pemilih Pilkades Masih Rendah

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 20 desa di 11 kecamatan se Kabupaten Banjar yang dilaksanakan serentak berlangsung aman dan terkendali.

Sebanyak 75 calon kepala desa harus berebut mengambil simpati masyarakat untuk mengisi posisi Kepala Desa. Meski partisipasi para calon kades cukup banyak, namun sebaliknya kecenderungan masyarakat pemilih sangat kurang.

Dari beberapa desa yang melaksanakan Pilkades, tingkat partisipasi masyarakat masih rendah, kemungkinan karena faktor kesibukan atau masa sosialisasi pilkades yang kurang maksimal.

Salah satu contoh di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura. Di sini calon sebanyak 5 orang dengan total pemilih 3.663 orang, namun yang datang ke tempat pemungutan suara hanya 1.774 pemilih.

Lain halnya dengan Desa Sungai Rangas Ulu, Kecamatan Martapura Barat. Di sini calon kepala desa hanya dua orang, Syahril Ripani dan Zainal Aqli. Total pemilih 1.455, namun antusias masyarakat cukup tinggi, sebanyak 1.035 orang bersedia datang ke TPS. Di akhir perhitungan, calon kepala desa yang berhasil dipilih Zainal Aqli dengan total perolehan 888 suara.

Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur berharap, pemilihan kepala desa harus dibuat lebih kreatif sehingga masyarakat gembira hadir ke TPS.

“Seperti disediakan hiburan mendidik atau hadiah menarik bagi masyarakat yang bersedia hadir memilih ke TPS, tentu kegiatan ini harus didukung dengan anggaran yang cukup,” katanya.(sai/sir)